RK Sebut Warga Depok dan Tasikmalaya Paling Bandel soal Prokes

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan daerah paling konsisten dan disiplin dalam menegakan protokol kesehatan COVID-19. Kang Emil, sapaan akrabnya juga menyebutkan nama daerah paling bandel meremehkan protokol kesehatan COVID-19.

Terpopuler: Fakta Baru Sekeluarga Lompat dari Apartemen, Ridwan Kamil Bimbang antara Jabar atau DKI

Menurutnya, kategori tersebut berdasarkan laporan dari Satpol PP dan TNI-Polri di lapangan dengan penekanan sejauh mana masyarakat menggunakan masker dan menjauhi kerumunan.

"Kami punya metode penghitungan kedisiplinan warga. Jadi daerah yang paling patuh masyarakatnya menggunakan masker yaitu Kota Bekasi. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Bekasi," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin 18 Januari 2021.

Ridwan Kamil Blak-blakan soal Maju Pilkada Jabar atau DKI Jakarta

Sedangkan, daerah paling bandel dalam penegakan protokol kesehatan COVID-19 yaitu Kabupaten Tasikmalaya

"Yang paling tidak patuh menggunakan masker Kabupaten Tasikmalaya. Yang bisa patuh menjaga jarak jatuh kepada Kota Bekasi. Jadi dinilai paling disiplin walau belum sempurna tapi paling disiplin dibanding yang lain," katanya.

Klaim Perolehan Suara Prabowo di Jabar Sesuai Target, Ridwan Kamil Bubarkan TKD

Selain Kabupaten Tasikmalaya, Ridwan Kamil juga menetapkan Kota Depok sebagai daerah tidak patuh protokol kesehatan COVID-19. 

"Kemudian yang paling tidak patuh menjaga jarak adalah masyarakat kota Depok," terangnya.

Dia pun meminta setiap kepala daerah di Jawa Barat terus aktif bisa mengingatkan warganya dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi, kepada yang sudah patuh tolong pertahankan kepada yang tidak patuh saya titip kepada bupati atau wali kota untuk terus mengedukasi masyarakatnya karena tingkat kepatuhan di Jawa Barat antara 60 sampai 70 persen," ujarnya.  

Kemudian, dia juga mengungkapkan enam daerah yang jadi zona merah penyebaran virus COVID-19. Satu di antaranya Kabupaten Karawang yang masih zona merah berturut-turut.

Enam daerah zona merah ini antara lain yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kota Bekasi dan Kota Depok.

"Kabupaten Bandung zona merah, Ciamis masih zona merah, KBB zona merah, Kota Bekasi dan kota depok juga di zona merah," ujar Emil.

Baca Juga: 25 Relawan Vaksin Sinovac Positif COVID-19


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya