Video Hujan Es Batu dan Puting Beliung di Cianjur

Hujan es batu di Cianjur, Jawa Barat
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Wilayah Indonesia kini sudah memasuki puncak musim penghujan. Tidak hanya hujan biasa, bahkan hujan es terjadi pada hari ini di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin, 18 Januari 2021.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

"Hujan es dan angin puting beliung terjadi di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat," tulis akun Instagram @fillahyasa_erry di Jakarta.

Diketahui, hujan es batu tersebut terjadu pada Senin siang, Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun sejumlah rumah dilaporkan rusak ringan. Hujan es batu sebesar kelereng ini terjadi di tiga desa yakni Girijaya, Girimukti dan Padamulya.

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Camat Pasirkuda, Irvan Rustandi mengatakan, tak hanya hujan es batu tetapi juga puting beliung yang menyebabkan pohon tumbang terjadi di wilayah tersebut. 

"Hujan es melanda dua desa, bersamaan dengan hujan deras dan puting beliung. Tidak ada laporan rumah rusak akibat hujan es," katanya.

BPBD Sebut 6 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan, mengatakan, pihaknya telah mengirim petugas dan relawan ke lokasi pohon tumbang yang menutup akses jalan utama penghubung tiga desa di Kecamatan Pasirkuda, berikut mesin pemotong untuk memudahkan proses evakuasi puluhan pohon tumbang.

Hingga malam menjelang, pihaknya masih berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur, untuk menurunkan alat berat guna penanganan cepat membuka kembali jalan yang tertutup pohon berbagai ukuran karena relawan dan warga kesulitan melakukan evakuasi dengan alat manual.

"Kami upayakan dinas terkait dapat menurunkan alat berat, guna memudahkan evakuasi pohon tumbang yang jumlahnya mencapai puluhan buah, harapan kami desa yang terisolir dapat dibuka kembali dalam waktu cepat," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya