Suara Minta Tolong saat Cari Sriwijaya Air, Roy Suryo: Mic Kena Angin

Roy Suryo.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Anwar Sadat

VIVA – Pakar telematika Roy Suryo menjelaskan viralnya suara wanita minta tolong saat tim SAR mencari korban Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu. Suara wanita minta tolong itu diunggah akun TikTok Abdul Azis17. 

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Dalam video berdurasi 18 detik tersebut, terlihat petugas Pemadam Kebakaran sedang melakukan penyisiran di Kepulauan Seribu untuk mengevakuasi korban Sriwijaya Air SJ 182. Dalam analisa Roy, dia menjelaskan jika suara tersebut diduga berasal dari angin kencang.

Tweeps, Viral Video durasi 18 detik dari Akun TikTok @abdulazis171 yang disebut-sebut suara "Teriakan Korban2 SJ-182". Kasus "noise" begini kerap terjadi saat Mic kena Angin yang kuat, apalagi cuman HP. Makanya Mic Profesional selalu dilengkapi Muffler / Silencer agar Suara masuk klir,” cuit Roy di Twitter pribadinya @KRMTRoysuryo2 yang dikutip VIVA, Selasa, 19 Januari 2021.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Roy juga memaparkan, harusnya akun yang merekam video suara minta tolong itu harus mengkroscek terlebih dahulu untuk menghormati perasaan keluarga korban.

Fenomena suara aneh mesti disikapi Bijak sebagai Kesalahan Teknis belaka dan Jangan cepat (di) Viral (kan) yang bisa mengganggu Perasaan Keluarga Korban. Jadi dugaan pak Eko Mahendro sdh benar, Mirip2 "Musik (atau Teriakan?)" yang muncul dari Gesekan Pohon2 bambu saat Tengah Malam,” kata dia.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Seperti diketahui, akun yang memviralkan suara wanita minta tolong itu merekam video sambil menaiki perahu karet dengan beberapa petugas lainnya, seorang petugas dengan kaca mata hitam dan topi, nampak menghadap ke arah kamera, sambil merekam kondisi laut di perairan Kepulauan Seribu.

Namun, yang mengejutkan adalah, beberapa detik sebelum video berakhir, terdengar suara yang sepertinya seorang wanita, sedang berteriak meminta tolong.

"Detik2 penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas," tulis akun TikTok tersebut dalam caption, dikutip VIVA dari unggahan @lambe_turah di Instagram, Minggu, 17 Januari 2021.

Baca juga: DVI Kembali Identifikasi 5 Korban Sriwijaya Air, Ini Daftar Namanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya