Istana Ternyata Tak Tahu Airlangga Hartarto Pernah Kena COVID-19

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pihak Istana Kepresidenan mengaku tak tahu bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pernah positif COVID-19.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Kabar positif itu diketahui saat Airlangga malah menjadi salah satu pendonor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta, belum lama ini.

"Kami tidak tahu juga kalau (Menko Airlangga) positif COVID-19. Kalau saya dan jajaran Setpres tidak tahu. Tidak ada pemberitahuan resmi,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada awak media, Selasa 19 Januari 2021.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Heru mengatakan, urusan mengabarkan Airlangga pernah terpapar COVID-19 menjadi kebijakan kementerian. "Harus yang bersangkutan yang menyampaikannya sendiri bahwa seseorang yang terpapar kena COVID-19," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, mengimbau penyintas COVID-19 agar mau mendonorkan plasma konvalesennya. Ia menyampaikan, donor plasma penting untuk membantu pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Airlangga, donor plasma konvalesen sebagai upaya selain vaksinasi yang sudah bergulir dari pemerintah. Kata dia, donor plasma juga bagian dari penerapan 3T untuk memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya tersebut.

Airlangga yang juga ketua umum Partai Golkar itu melanjutkan ikut mendonorkan plasma konvalesen pada Senin, 18 Januari 2021. Dia mengaku memang pernah terinfeksi COVID-19, namun saat ini sudah sembuh.

“Ini adalah ungkapan rasa syukur saya, karena termasuk orang-orang yang mampu bertahan dari serangan COVID-19," kata Airlangga, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 19 Januari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya