Penyebar Hoax Kasdim Gresik Meninggal usai Divaksin Sudah Diketahui

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Kepolisian Resor Gresik bergerak cepat menangani kasus beredarnya pesan hoax yang mengisukan Kepala Satuan Distrik Militer 0817/Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi, meninggal dunia setelah disuntik vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Identitas penyebar hoax sudah dikantongi dan akan ditangkap.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

"Sudah di-profiling dan sudah diidentifikasi (penyebar hoax Kasdim Gresik meninggal karena vaksin Sinovac)," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko kepada wartawan di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Selasa, 19 Januari 2021.

Pelaku, katanya, lebih dari satu orang. Dua di antaranya diketahui berada di luar Jawa Timur, yaitu di Yogyakarta dan DKI Jakarta. Seorang lainnya di salah satu kabupaten di Jatim. Sayang, Gatot belum bersedia menyampaikan identitas gamblang terduga penyebar hoax itu.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Baca: Kasdim Gresik Meninggal Usai Disuntik Vaksin Sinovac, Begini Faktanya

Sebuah foto dengan narasi yang menyebutkan bahwa Kepala Satuan Distrik Militer 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal dunia setelah disuntik vaksin beredar di jejaring WhatsApp dan media sosial. Foto dan informasi itu palsu alias hoax. Sebenarnya, yang meninggal ialah Komandan Rayon Militer Kebomas Mayor Kav Gator Supriyono karena serangan lambung.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Kepala Penerangan Daerah Militer V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi menegaskan, foto dan pesan yang mengisukan Kasdim Gresik meninggal karena vaksin Sinovac adalah tidak benar. "Itu berita hoax. Yang meninggal itu Danramil Kebomas, itu pun meninggal karena sakit lambung," katanya dalam keterangan tertulis pada Senin, 18 Januari 2021.

Gator meninggal dunia pada Jumat, 15 Januari 2021. Ia sama sekali belum pernah disuntik vaksin. Sedangkan Mayor Sugeng sampai saat ini baik-baik saja. "Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat walafiat. Jadi tidak benar berita yang mengatakan bahwa ia meninggal setelah disuntik vaksin Sinovac,” ujarnya.

Imam memaparkan, foto yang dipakai oleh penyebar hoax ialah foto Gator saat mendampingi Komandan Resor Militer 084/Bhaskara Jaya bersama keluarga saat ziarah ke makam Sunan Giri pada 10 Januari 2021. Di hari yang sama, Kasdim Gresik menjalani vaksinasi di lokasi berbeda. Kasdim kondisinya baik-baik saja.

Imam berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan sebaran informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya. "Masyarakat diharapkan tidak terpengaruh berita tersebut, serta yakin bahwa vaksin COVID-19 merek Sinovac telah aman dan manjur untuk mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini,” harapnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya