Komjen Listyo Klaim Polri Kompak dengan KPK dan Kejaksaan

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) .
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Calon kepala Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan lembaganya akan selalu terbuka dan solid dalam memberantas tindak pidana korupsi dengan Kejaksaan Agung serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan, Listyo mengaku sudah terbuka dengan Kejaksaan dan KPK dalam menangani perkara korupsi selama menjabat kepala Bareskrim Polri saat ini.

Ini Sosok Artis dan Pendakwah Berinisial D yang Terlibat Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi

"Kami siap join dengan KPK dan Kejaksaan. Postur penegakan hukum khususnya terkait tindak pidana korupsi, kami kompak antara Kejaksaan, Polri dan KPK," kata Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi III DPR pada Rabu, 20 Januari 2021.

Menurut dia, sampai saat ini hubungan Polri dengan KPK sangat baik. Buktinya, persiapan personel bahwa Polri selalu diberikan kesempatan untuk mengisi dan memperkuat KPK, baik jajaran penyidik maupun jajaran terkait kegiatan-kegiatan koordinasi dan sebagainya.

Gandeng Kejaksaan dan Imigrasi, Bea Cukai Siap Optimalkan Pengawasan

Baca: Komjen Listyo Diingatkan Perburuan Teroris di Poso Tak Kunjung Usai

Mengenai penyidikan juga Polri tidak menutup-nutupi proses penanganan kasus tindak pidana korupsi. Beberapa waktu lalu, Polri membuka ruang kepada KPK supaya bergabung saat melakukan penyidikan kasus tertentu.

Kejaksaan Masih Buru Aset 16 Tersangka Korupsi Timah, Termasuk Harvey Moeis

"Ini menunjukkan kami terbuka untuk hal-hal seperti itu, joint investigation bila perlu wewenang supervisi. Karena memang manakala ketika kerjaan mangkrak, maka KPK berwenang supervisi, mengambil alih, atau mengingatkan kepada kita, ini kasusnya berhenti kenapa," katanya.

Gedung Kejaksaan Agung

Survei LSI: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik Jadi 74 Persen

Keberanian Kejaksaan dalam mengusut kasus mega korupsi dinilai mendapat banyak dukungan dari masyarakat. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024