Demokrat Sebut Polri Belum Dukung KPK, Komjen Listyo Membantah

Komjen Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Benny K Harman, mempertanyakan sejauh mana dukungan dari Polri terhadap KPK bila Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi kepala Polri. Menurut Benny, hingga kini belum tampak dukungan dari Polri kepada KPK.

Jenderal Agus Subiyanto Jawab Tudingan Jokowi Man: Kebetulan Saya Pernah Dinas di Solo

“Kami belum melihat penguatan dari Polri terhadap KPK. Padahal KPK adalah garda terdepan pemberantasan korupsi,” kata Benny saat fit and proper test calon kepala Polri di Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.

Listyo mengaku siap bekerja sama dengan KPK serta aparat penegak hukum lainnya dalam pemberantasan korupsi. “… sehingga postur penegakan hukum, khususnya terkait dengan masalah tipikor (tindak pidana korupsi), itu kami kompak.”

Jenderal Agus Janji Ingatkan Prajurit Agar Tak Arogan dan Lukai Hati Rakyat

Baca: Komjen Listyo Diingatkan Perburuan Teroris di Poso Tak Kunjung Usai

Pada dasarnya, Listyo mengklaim, dalam rangka pengusutan kasus korupsi, Kepolisian sudah terbuka untuk bekerja sama dengan KPK maupun Kejaksaan. Begitu pula dalam hal untuk membantu masalah supervisi yang merupakan kewenangan KPK, terutama jika memang ada kasus atau perkara tertentu yang terbengkalai.

Komisi I DPR Setuju Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

Dia memastikan hubungan Polri dengan KPK kini sangat baik dan solid, yang dibuktikan salah satunya personel Kepolisian yang diberi kesempatan untuk mengisi jabatan di KPK.  

Selain itu, ia memastikan mendukung langkah KPK dalam melakukan berbagai upaya pencegahan kasus korupsi dan melakukan penindakan jika ditemukan kasus korupsi.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024