Calon Kapolri Komjen Listyo Akan Ubah Fungsi Polsek

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo SIgit Prabowo
Sumber :
  • Divisi Humas Polri

VIVA – Calon Kepala Kepolisian RI atau Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan tugas Kepolisian Sektor atau Polsek di tingkat kecamatan nantinya diharapkan tidak lagi dibebani tugas penegakan hukum. Tugas Polsek ke depannya adalah mengurusi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), serta menyelesaikan masalah dengan pendekatan restorative justice.

IRT di Kalbar Tewas Bersimbah Darah dengan Luka Tembak, Polisi Lakukan Penyelidikan

"Menjadikan Polsek sebagai basis resolusi dengan memprioritaskan kegiatan harkamtibmas, sehingga ke depan di beberapa Polsek-Polsek tertentu, tidak lagi kita bebankan dengan tugas penyidikan, sehingga di Polsek-Polsek tersebut nantinya hanya dibebani tugas preemtif dan preventif dan juga penyelesaian-penyelesaian masalah dengan restorative justice," ujar Komjen Listyo dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di ruangan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2021.

Mantan Kapolda Banten ini mengatakan, tugas penegakan hukum di beberapa wilayah, nantinya akan ditarik di tingkat Kepolisian Resor (Polres) atau di tingkat kabupaten/kota. Komjen Listyo Sigit berharap Polsek ke depannya bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Cegah Curanmor Saat Mudik, Polsek Tamansari Bogor Buka Penitipan Kendaraan Gratis

"Melakukan upaya-upaya pemecahan masalah dengan musyawarah, dengan kegiatan yang bersifat restorative justice, dan hal-hal yang tentunya mengutamakan kegiatan-kegiatan yang menghindari penegakan hukum," ujar Komjen Sigit.

Program ini merupakan transformasi organisasi Polri yang disampaikan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri, dalam paparannya di fit and proper test, pada hari ini di Komisi III DPR. Salah satu programnya adalah penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.

Kompol David Buat Pos Pengamanan Mudik, Ada Internet Gratis hingga Alat Pijat Kaki

Baca juga: Ini 8 Komitmen Calon Kapolri Komjen Listyo Wujudkan Polri yang Presisi

Kapolsek panongan iptu hotma manurung saat berikan keterangan pers

Kepepet Lebaran, Pria Paruh Baya Gasak Rp 5 Juta dari Jasa Tukar Uang Baru Keliling

Pria berusia 46 tahun diamankan anggota Polres Metro Tangerang Kota, usai melakukan pencurian di jasa tukar uang baru kawasan Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024