Jokowi: Keselamatan Penumpang Pesawat adalah Hal Utama

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA - Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk terus memperbaiki tata kelola penerbangan di Tanah Air. Jokowi mengingatkan soal manajemen keselamatan transportasi.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Keselamatan adalah yang utama," kata Jokowi saat meninjau posko darurat evakuasi pesawat Sriwijaya Air di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 20 Januari 2021.

Soal jatuhnya pesawat Sriwijaya, kata Jokowi, dirinya telah memerintahkan KNKT dan Kementerian Perhubungan mengevaluasi seluruh aspek. Sejumlah kejadian harus menjadi pelajaran, termasuk melakukan pengawasan secara rutin.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Terutama pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang," kata dia.

Baca juga: Bagian Korban Pesawat SJ182 Ditemukan Nelayan, Begini Kronologinya

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa KNKT sudah mulai bekerja menginvestigasi satu per satu laporan terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu.

Ditemukannya bagian kotak hitam berupa Flight Data Recorder, KNKT juga juga membuat posko di Pulau lancang untuk memudahkan operasi pencarian terhadap bagian kotak hitam yang lain yakni CVR atau Cockpit Voice Recorder.

"Saya sampaikan juga hari sampai hari ke-12 Basarnas sudah mengumpulkan 324 kantong bagian tubuh penumpang, 63 kantong serpihan kecil pesawat, 55 potongan bagian potongan besar pesawat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya