Rapat Paripurna DPR Sahkan Komjen Listyo Jadi Kapolri

Komjen Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA - Rapat Paripurna DPR hari ini, Kamis, 21 Januari 2021, hanya dengan satu agenda mengesahkan calon kapolri pilihan Presiden Joko Widodo yaitu Komjen Listyo Sigit Prabowo. Menurut catatan pada rapat paripurna ini, hadir 91 fisik dan 204 virtual, serta izin 47 orang.

Interupsi Paripurna, PKS: JHT Cair Usia 56, Pekerja PHK Terlunta-Lunta

"Sehingga kehadiran sudah mencapai kuorum yaitu 342 orang anggota," kata Ketua DPR Puan Maharani sebelum membuka rapat di Gedung DPR, Jakarta.

Selanjutnya, Puan mengetok palu pertanda rapat paripurna resmi dibuka dan terbuka untuk umum.

DPR Setujui Usulan Prabowo Jual KRI Teluk Penyu dan Teluk Mandar

Baca juga: Komjen Listyo Punya Impian Polisi Tanpa Pistol

Kemudian, Puan mempersilakan Komisi III DPR untuk membacakan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Komjen Listyo Sigit. Hasil fit and proper test tersebut dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni.

Paripurna DPR Sahkan RUU IKN Jadi UU, Minus Dukungan PKS

“Komisi III menyadari bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon kapolri merupakan persyaratan mutlak untuk menjadi kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang diusulkan Presiden," kata Sahroni.

Setelah pembacaan hasil fit and proper test maka keputusan Komisi III DPR diserahkan pada Ketua DPR, Puan Maharani.

Selanjutnya, Puan menanyakan pada semua anggota DPR yang hadir langsung maupun virtual apakah menyepakati keputusan Komisi III, yang menyetujui Komjen Listyo Sigit sebagai kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

“Apakah laporan Komisi III DPR RI atas uji kelayakan terhadap calon kapolri tersebut dapat disetujui?" tanya Puan.

Pertanyaan tersebut dijawab serentak. "Setuju," ujar anggota dewan yang hadir diikuti tepuk tangan.

Selanjutnya, Puan mengundang Komjen Listyo untuk maju ke depan dan berfoto bersama. Usai sesi foto tersebut, Puan mengetuk palu tanda rapat paripurna selesai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya