Rumah Ketua KPU Yahukimo Papua Dibakar, Diduga Masalah Pilkada

Rumah Ketua KPU Yahukimo dibakar orang tak dikenal.
Sumber :
  • VIVA/ Aman Hasibuan.

VIVA - Rumah milik Ketua Komisi Pemilihan Umum Yahukimo, Yesaya Magayang, yang barada di Perumahan Guru Kompleks Kali Merah Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua, dibakar orang tak dikenal (OTK) pada Sabtu, 23 Januari 2021, sekitar pukul 21.50 WIT.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Muthofa Kamal menjelaskan peristiwa tersebut diketahui dari seorang saksi bernama Panus Magayang (35), yang melihat sebanyak lima orang masyarakat dari arah belakang membawa kantong plastik yang di duga berisi bensin.

Pada saat itu, saksi mendengar pintu bagian dapur belakang milik Ketua KPU Yahukimo ini dibongkar dengan menggunakan alat tajam. Selanjutnya dari salah satu masyarakat tersebut menyiram pintu kamar, plafon yang terbuat dari triples dengan menggunakan bensin dan kemudian para pelaku melarikan diri.

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

“Melihat api semakin membesar, saksi berteriak dan meminta pertolongan dari warga untuk memadamkan api tersebut. Saksi kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Yahukimo,” kata Kamal, Minggu, 24 Januari 2021.

Baca juga: Pilkada Yahukimo: Delapan Distrik Lakukan Pemungutan Suara Susulan

PSI Jagokan Kaesang dan Grace Natalie di Pilgub DKI Jakarta

Selanjutnya, pukul 21.45 WIT, mendapati laporan tersebut personel Polres Yahukimo yang dipimpin Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, bersama personel Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo dan Personel Polres Yahukimo tiba di tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengamankan TKP.

Personel gabungan selanjutnya melakukan pengejaran terhadap para pelaku pembakaran ke arah bandara karena menurut informasi dari masyarakat bahwa para pelaku melarikan diri ke arah bandara.

Kemudian personel Sat Reskrim melakukan olah TKP pembakaran rumah Ketua KPU Yahukimo Yesaya Magayang.

“Dari hasil olah TKP, personel berhasil mendapati satu buah botol Aqua besar yang diduga berisikan bensin untuk membakar dinding kamar, televisi, resiver, buku-buku dan meja TV hangus terbakar serta kaca lover kamar sebagian pecah dan beberapa dinding kamar rusak akibat hangus terbakar,” kata Kamal.

Kamal mengatakan para pelaku pembakaran masih dalam proses pengejaran oleh personel Polres Yahukimo dan dalam kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa untuk kerugian materil masih dilakukan pendataan oleh personel di lapangan.

"Pembakaran rumah diduga dilakukan oleh masyarakat yang merasa kecewa atas hasil penetapan bupati dan wakil bupati Kabupaten Yahukimo yakni paslon 01 Didimus Yahuli dan Esau Miram (DYEM) pada hari Sabtu, tanggal 23 Januari 2021 di Jayapura," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya