KPAI Sebut Kasus Anak Terpapar COVID-19 Paling Tinggi di Depok

Ilustrasi belajar online.
Sumber :
  • Dokumen BBC Indonesia

VIVA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan keprihatinan atas tingginya kasus COVID-19 yang menerpa anak-anak di Kota Depok, Jawa Barat. Jumlah anak yang terpapar virus itu di Depok sebanyak 15 persen dari total kasus COVID-19 di sana.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

“Jumlah ini melampaui angka nasional yang hanya sekitar delapan persenan,” kata Komisioner KPAI Retno Listyarti pada Senin, 25 Januari 2021.

Kondisi ini, kata Retno, ironis karena anak-anak sampai sekarang masih berada di rumah, masih belajar dari rumah, dan belum ada sekolah secara tatap muka. Dia menduga, anak-anak itu kemungkinan besar tertular dari orangtua mereka yang bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Baca: Begini Cara COVID-19 Menginfeksi dan Merusak Paru-paru

KPAI mengimbau perlu kehati-hatian orangtua dan peningkatan disiplin protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, termasuk tidak beraktivitas di luar rumah jika memang tidak mendesak atau penting. Sebab, risiko penularan COVID-19 jauh lebih besar jika berada di luar rumah.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Jika memang harus beraktivitas di luar rumah, Retno mengingatkan agar disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Orangtua yang sepulang dari bekerja atau beraktivitas di luar rumah agar segera membersihkan diri demi memastikan tidak membawa virus dari luar. Selalu memakai masker terutama jika berinteraksi dengan kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak.

Jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Depok sampai sekarang mencapai 24.536 kasus dengan rincian pasien aktif 4.786 orang, pasien sembuh 19.213 orang, pasien meninggal dunia 537 orang.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024