Kerugian akibat Banjir di Kalsel Ditaksir Mencapai Rp1,34 Triliun

Banjir di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan
Sumber :
  • Dok. BNPB

VIVA – Tim Reaksi Cepat Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memperkirakan dampak kerugian akibat banjir yang melanda Kalimantan Selatan sekitar Rp1,34 triliun. 

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

"Estimasi dampak kerugian per 22 Januari 2021 dari sektor pendidikan, kesehatan dan sosial, pertanian, perikanan, infrastruktur, dan produktivitas ekonomi masyarakat sekitar Rp1,34 triliun," kata anggota Tim Reaksi Cepat Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah BPPT Nugraheni Setyaningum, Senin, 25 Januari 2021.

Berdasarkan estimasi BPPT, nilai kerugian di sektor pendidikan sekitar Rp30,44 miliar, sektor kesehatan dan perlindungan sosial sekitar Rp27,60 miliar, sektor infrastruktur sekitar Rp424,12 miliar, sektor perikanan sekitar Rp46,53 miliar, sektor produktivitas masyarakat sekitar Rp604,56 miliar, dan sektor pertanian sekitar Rp216,26 miliar.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

"Estimasi saat ini cukup representatif menggambarkan kemungkinan kerugian," ujar Nugraheni.

Data yang digunakan dalam memperhitungkan estimasi kerugian akibat banjir di Kalimantan Selatan antara lain data luas area yang tergenang berdasarkan citra spasial, data penggunaan lahan berdasarkan peta Rupa Bumi Indonesia (RBI), data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), data umur padi dari Kerangka Sample Area (KSA) Badan Pusat Statistik, serta data-data yang tertuang dalam peraturan daerah.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Perhitungan dilakukan untuk mengetahui perkiraan nilai kerugian gagal panen akibat lahan sawah yang tergenang di sektor pertanian dan sektor perikanan, perhitungan dilakukan untuk mengetahui nilai kerugian akibat hilangnya ikan budi daya di empang, kolam, serta tambak akibat banjir. 

Sementara itu, nilai kerugian di sektor infrastruktur yang dihitung meliputi jumlah rumah yang terendam, jumlah rumah terdampak, jumlah sekolah rusak, dan jumlah tempat yang terdampak banjir.

Estimasi Tim Reaksi Cepat Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah BPPT belum memperhitungkan dampak banjir pada kegiatan pariwisata, transportasi, pertanian palawija, dan hortikultura, kerusakan lingkungan, sarana sanitasi, dan kondisi perekonomian dalam jangka panjang.

Citra satelit radar menunjukkan luas wilayah yang tergenang akibat banjir di Kalimantan Selatan sekitar 164.090 hektare.

Menurut BPPT, banjir pada Januari 2021 melanda wilayah Kalimantan Selatan terjadi akibat curah hujan ekstrem dan penurunan tutupan lahan (vegetasi kerapatan tinggi/hutan), terutama di daerah hulu yang menjalankan fungsi penyimpanan air. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya