Aksi Front Persaudaraan Islam Bersihkan Masjid Bekas Gempa Mamuju

relawan Front Persaudaraan Islam (FPI)
Sumber :
  • VIVA / Irfan (Makassar)

VIVA – Sejumlah relawan Front Persaudaraan Islam (FPI) yang tergabung dalam Hilal Merah Indonesia (HILMI) telah berada di lokasi gempa bumi di Sulawesi Barat sejak terjadinya bencana pada Jumat dini hari kala itu.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Ketua Serikat Pekerja FPI Makassar, MJ Muliahati, yang saat ini berada di Kota Mamuju, menyampaikan bahwa pihaknya telah membangun dua posko guna memudahkan koordinasi relawan dan pendistribusian bantuan.

“Kami juga akan membangun posko di Malunda, Majene, selain dua posko yang sudah ada di Mamuju,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin, 25 Januari 2021.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Menurut Muliahati yang sudah sepekan berada di lokasi bencana, sejak para relawan FPI berada di Sulawesi Barat, sejumlah kegiatan telah dilakukan, termasuk membentuk upaya evakuasi korban dan pendistribusian bantuan.

Namun, dia menyampaikan, yang juga sangat difokuskan para relawan FPI adalah pembersihan sejumlah masjid yang rusak akibat guncangan gempa tektonik berkekuatan 6,2 skala richter itu.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

“Ada dua masjid yang teman-teman relawan coba untuk dilakukan evakuasi dan perbaikan di Kota Mamuju, karena sangat rawan dan berpotensi menyebabkan korban jiwa jika tiba-tiba ambruk, makanya ini yang difokuskan para relawan,” kata Muliahati.

Selain itu, dia mengatakan, relawan FPI juga membantu warga di Tapalang membersihkan rumah mereka yang bangunannya hancur berantakan.

Dalam sebuah video yang dikirim Muliahati, tampak para relawan dengan menggunakan peralatan seperti sekop, berupaya mengeluarkan serpihan batu bata yang berserakan di dalam rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya