Polisi Langsung Periksa Ambroncius yang Hina Pigai-Gorila

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ahmad Farhan Faris.

VIVA – Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan tim penyidik Bareskrim akan meminta keterangan Ambroncius Nababan yang diduga melakukan rasisme terhadap mantan Komisiomer Komnas HAM, Natalius Pigai.

Komnas HAM Laporkan Ratusan Kasus HAM di Papua pada 2023 kepada Menko Polhukam

“Kebetulan untuk yang diduga mempunyai FB (facebook), yang mengunggah tentang rasisme itu sudah kita layangkan surat panggilan hari ini. Jadi, sudah diserahkan kepada yang bersangkutan,” kata Argo di Mabes Polri pada Senin, 25 Januari 2021.

Menurut dia, penyidik akan menanyakan atau minta keterangan kepada terlapor Ambrocius Nababan, apa benar Facebook yang sempat menyandingkan Pigai dengan gorilla miliknya atau bukan.

Hak Disabilitas, Kematian Petugas hingga Netralitas Aparat dalam Pemilu Disorot Komnas HAM

“Karena dinsinyalir banyak, kita harus memastikan bahwa penyidik itu harus memastikan dengan ilmiah bahwa siapa yang mempunyai akun tersebut, dan siapa yang melakukannya. Tentunya ini perlu keterangan ahli, saksi dan petunjuk,” ujarnya.

Maka dari itu, Argo menginbau kepada masyarakat terutama warga Papua supaya menyerahkan sepenuhnya proses hukum ini kepada penyidik Direktorat Tindak Pidana Bareskrim Polri.

Panas! Elite PDIP ke Natalius Pigai: Kayaknya Harus Ngopi Dulu Nih, Gak Nyambung

“Jadi, salurkan saja aspiraisnya kepada kepolisian setempat maupun pimpinan yang ada di wilayah. Jangan membuat sesuatu yang nanti akan melanggar pidana. Percayakan bahwa kepolisian akan transapran dalam melakukan penyidikan kasus ini,” jelas dia.

Diketahui, penyidik Bareskrim Polri mengambil alih kasus dugaan ujaran mengandung SARA terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang diduga dilakukan oleh Ambroncius Nababan.

Laporan tersebut dibuat oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat, Slus Dowansiba ke Polda Papua Barat dengan nomor laporan polisi: LP/17/I/2021/Papua Barat pada Senin, 25 Januari 2021.

Sebelumnya diberitakan, salah satu akun Facebook dengan nama Ambroncius Nababan bikin heboh jagat maya. Dia melakukan rasis kepada mantan Komisioner Komnas HAM yang juga tokoh Papua, Natalius Pigai yang menyandingkan foto Pigai dengan gorila. Foto tersebut akhirnya viral dan bikin geram banyak pihak.

Dikutip VIVA, Senin 25 Januari 2021, dari akun Twitter @Nataliuspigai2, dia mengunggah foto tangkap layar Ambroncius yang sudah beredar ke semua platform media sosial. Unggahan Ambroncius menyindir Pigai yang menolak divaksin. Begini narasinya:

“Edodoeee pace. Vaksin ko bukan Sinovac tapi ko punya sodara bilang vaksin rabies. Sa setuju pace,” tulis akun Ambroncius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya