Logo BBC

Kasus Harian COVID-19 RI Mulai Rutin di Atas 10.000 dan Kuburan Penuh

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Covid-19
Ed Wray/Getty Images
Kasus Covid-19 di Indonesia tembus satu juta kasus pada Selasa (26/01) setelah sebelas bulan dirundung pandemi virus corona.

Kasus Covid-19 di Indonesia tembus satu juta kasus pada Selasa (26/01) setelah 11 bulan memerangi pandemi virus corona.

Tambahan kasus per hari mengalami tren di atas 10.000 kasus dalam dua pekan terakhir, sementara fasilitas kesehatan "nyaris kolaps" dengan sejumlah orang yang dinyatakan positif Covid-19 mengaku kesulitan mendapat perawatan.

Mereka yang tak tertolong, menambah daftar panjang korban meninggal akibat virus corona yang kini melampaui 28.000 orang. Pemerintah terpaksa menambah lahan pemakaman khusus Covid-19 sebab tempat permakaman umum yang dialokasikan tak bisa lagi menampungnya.

Di sisi lain, positive rate di Indonesia hampir mencapai 30%, jauh melampaui standar organisasi kesehatan dunia (WHO) sebesar 5%. Artinya, satu dari tiga orang yang dites dinyatakan positif virus corona. Namun demikian, banyak warga yang mulai mengabaikan protokol kesehatan.

Pakar epidemiologi menyebut Jawa sudah memasuki "masa kritis" dan memperkirakan Indonesia secara keseluruhan akan menghadapi masa kritis dua bulan mendatang. Ia menduga, kasus yang terjadi sebenarnya saat ini tiga kali lipat dari data resmi pemerintah.

"Dengan angka satu juta yang saat ini di mana kita melihat tes positive rate yang sejak Januari selalu di atas 20%, bahkan menembus 30%, itu menunjukkan bahwa terlalu banyak kasus positif di masyarakat yang tidak terdeteksi, yang mengakibatkan adanya beban meningkat di fasilitas kesehatan," ujar epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman kepada wartawan BBC Indonesia Ayomi Amindoni, Selasa (26/01).

Sementara pakar permodelan matematika dari Institut Teknologi Bogor (ITB) Nuning Nuraini memperkirakan Indonesia akan terus mengalami tren peningkatan kasus Covid-19 dengan puncaknya terjadi pada bulan Juli, yang akan memperberat beban fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

covid-19
ANTARA
Seorang sopir angkutan umum mengikuti tes cepat antigen di Terminal Bus Kalideres, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Merespons kasus Covid-19 yang telah melampaui satu juta kasus, pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan "duka mendalam atas angka ini" dan akan "terus bekerja sangat keras" untuk mengurangi laju penularan virus corona.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang telah tembus satu juta kasus.

Kasus Covid-19 di Indonesia. Total 592.900 kasus positif, 487.445 orang sembuh, dan 18.171 orang meninggal dunia.  .

Angka kasus sebenarnya tiga kali lipat lebih banyak?