Tes Psikologi SIM di Jatim Bisa lewat Aplikasi, Begini Cara Kerjanya

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur meluncurkan aplikasi tes psikologi untuk pembuatan SIM secara digital bernama Mentalku di Surabaya pada Selasa, 26 Januari 2021.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Para pemohon SIM baru maupun perpanjangan di Jawa Timur kini tak usah repot-repot mendatangi kantor otoritas terkait untuk mengikuti tes psikologi. Pemohon kini bisa melakukannya dari rumah hanya dengan mengunduh aplikasi yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur bernama 'Mentalku'.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Diluncurkan pada Selasa, 26 Januari 2021, aplikasi Mentalku dimanfaatkan Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim bekerja sama dengan pihak swasta, PT Musa Perkasa Jaya. Pendiri aplikasi itu ialah Habib Mohsein bin Saleh. Aplikasi dimanfaatkan sebagai ruang pemenuhan salah satu syarat mendapatkan SIM, yaitu kesehatan rohani.

"Pemanfaatan Mentalku ini sesuai dengan Pasal 36 dan 37 Perkap (Peraturan Kapolri) Nomor 9 Tahun 2012 bahwa persyaratan bagi para pendaftar SIM yang baru maupun perpanjangan, yakni sehat jasmani dan rohani," kata Direktur Lantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman, dalam keterangan tertulis diterima pada Rabu, 27 Januari 2021.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Baca: Aplikasi Ini Bantu Pemilik Kendaraan yang Super Sibuk

Selain memudahkan para pengaju SIM, Mentalku juga diharapkan bisa mencegah timbulnya kerumunan pada masa pandemi COVID-19 sehingga potensi penularan virus bisa dicegah. "Mengikuti program pemerintah dalam memutus mata rantai COVID-19, serta menerjemahkan program Kapolri Sigit terkait digitalisasi," ujar pendiri Mentalku, Habib Mohsein bin Saleh.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Ia mengatakan, Mentalku dibuat sebagai respons atas masih kurangnya kesadaran masyarakat soal pentingnya kesehatan mental. "Masih banyak yang belum memahami bahwa kesehatan mental seseorang sama pentingnya dengan kesehatan fisik," katanya.

Cara mengoperasikan Mentalku tidak sulit. Aplikasi itu bisa diunduh di PlayStore melalui telepon genggam. Setelah itu, pengguna yang mengajukan SIM baru atau perpanjangan diarahkan untuk mengisi biodata diri, melampirkan foto KTP, melakukan verifikasi wajah atau face recognition, kemudian mengisi soal tes psikologi.

Setelah selesai, pengguna kemudian menunjukkan QR Code ke gerai yang dipilih. "Aplikasi Mentalku memiliki sistem security aplikasi yang menjamin kerahasian data pengguna," kata Direktur Digitalisasi IT Mentalku, Nugroho Tirto Sampurno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya