KSAD dan Luhut Kenang saat Jadi Anak Buah Wismoyo Arismunandar

KSAD Jenderal Andika Perkasa (tengah)
Sumber :
  • VIVA/Kenny Putra

VIVA – Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar Tentara Nasional Indonesia (TNI), terutama Angkatan Darat. TNI kembali kehilangan salah satu prajurit terbaiknya, yaitu Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar. Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar tutup usia pada Kamis 28 Januari 2021, pada pukul 04. 29 WIB setelah mendapat perawatan di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Jenazah almarhum Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar dibawa ke rumah duka yang berada di Jalan Gempol Raya, Kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Di rumah duka, terlihat para mantan anak buah Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar saat menjabat sebagai danjen Kopassus dari tahun 1983 hingga 1985 antara lain, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan hingga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

Di mata anak buah, Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar dikenal sebagai sosok yang sangat baik dan sangat dekat dengan para bawahan.

"Beliau seorang komandan saya, beliau orang yang baik. Beliau sangat memperhatikan anggota-anggota yang di bawah," ujar Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis 28 Januari 2021.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Luhut juga menjelaskan, Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar merupakan sosok yang patut dicontoh oleh para prajurit TNI.

"Beliau seorang prajurit dan pemimpin yang patut ditauladani, banyak kenangan-kenangan dengan beliau terutama di Kopassus," tambah Luhut.

Senada dengan Luhut, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang juga pernah menjadi anak buah almarhum Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar saat berada di Kopassus, menjelaskan sosok Jenderal (Purn) Wismoyo tidak terlalu formal kepada anak buah.

"Pak Wismoyo ini orang lapangan. Bener-bener orang lapangan. Tidak formal, tidak protokoler lah, beliau orang lapangan, orang yang dekat dengan anggotanya," kata Jenderal Andika Perkasa.

Baca juga: Almarhum Mantan KSAD Wismoyo Arismunandar Akan Dimakamkan di Solo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya