Cara Polres Tulungagung Wujudkan Polri Presisi di Bidang Lalu Lintas

Polres Tulungagung melaunching Traffic Accident Quick Response
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Polres Tulungagung me-launching Traffic Accident Quick Response, pelatihan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) serta olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto diikuti oleh anggota Satlantas Polres Tulungagung dan Polsek Jajaran, utamanya yang menangani laka lantas.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Dalam sambutannya, Kapolres Tulungagung AKBP Handono menuturkan, peresmian Traffic Accident Quick Response merupakan langkah penjabaran program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, untuk mentrasformasi menuju Polri yang Pesisi.

"Membuat jajaran kepolisian termasuk Polres Tulungagung terus melaksanakan pembenahan, serta berbagai inovasi khususnya penataan kelembagaan yang dijabarkan sebagai penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan dalam bidang pelayanan," ujar Handono kepada wartawan, Sabtu, 30 Januari 2021.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Handono meminta kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan baik ini semaksimal mungkin, agar mampu mengenal, mengerti dan memahami serta mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelaksanaan tugas.

Ia menuturjan, pelaksanaan Launching Traffic Accident Quick Response dilakukan dengan menyerahkan kendaraan Dinas yang sudah dilengkapi traffic cone portabel yang mudah digunakan dalam melaksanakan olah TKP laka, aplikasi Public Safety Center (PSC) dan aplikasi E-Turjawali. 

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penanganan laka lantas yang ada di Polsek jajaran, sehingga apabila ada kejadian laka, petugas Polsek dapat dengan cepat mendatangi TKP, serta melaksanakan koordinasi dengan Rumah Sakit dengan memanfaatkan aplikasi Public Safety Center (PSC) untuk percepatan Informasi antar Instansi dan ambulans.

"Karena PSC ini juga sesuai dengan Program Prioritas Kapolri tentang perubahan Teknologi Kepolisian Modern Police 4.0, serta Aplikasi E-Turjawali dalam kegiatan dinas patroli sehari-hari," kata AKP Aris.

Baca juga: Pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Kepada Para Habaib Soal Kamtibmas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya