Giliran Natalius Pigai Dipolisikan Atas Dugaan Rasis

Natalius Pigai
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai kini diadukan ke Bareskrim Polri karena diduga membuat ujaran kebencian mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) pada Senin, 1 Februari 2021. Saat ini, pelapor yang merupakan warga Minang, Azniel masih buat laporan ke Bareskrim Polri.

Viral Orang India Tidak Boleh Beli Es Krim di Malaysia, Warganet: Ini Sih Rasis Parah!

“Kami akan melaporkan Pigai, karena pernyataannya berpotensi merusak kebhinekaan kita sebagai bangsa Indonesia,” kata Azniel di Gedung Bareskrim sebelum membuat laporan.

Menurut dia, ucapan Pigai yang dianggap membuat kontroversi karena menyebut suku lain adalah budak. Maka dari itu, ia meminta penegak hukum lakukan proses hukum terhadap Pigai. “Sebagai orang Minang, saya merasa sensitif dengan pernyataan ini. Karena ini bisa terjadi distorsi di tengah masyarakat,” ujarnya.

Rachel Vennya Diusir dari Vila Mewah di Bali, TikTokers Ini Soroti Soal Rasisme dan Diskriminasi

Sementara, barang bukti yang dibawa diantaranya kaset CD dan tampilan layar screenshoot dari salah satu media online terkait pernyataan Pigai melalui media sosial YouTube, bahwa Pigai bilang ‘apa mau selama ini dijadikan suku babu?’ Artinya, kata dia, Pigai membicarakan suku di luar Jawa.

“Kami ambil barang buktinya adalah dia menghina etnis Jawa dengan sebutan etnis tirani,” kata Joko Priyoski selaku Wakil Ketua Umum DPP Pemuda Pelajar Mitra Kamtibmas (PPMK).

Natalius Pigai: 80 Persen Warga Papua Akan Pilih Prabowo-Gibran

Aktivis 98 ini mengatakan ada tiga pasal yang disangkakan kepada Pigai, yakni Undang-undang Nomor 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi etnis dan ras. Kedua, Pigai diduga melanggar Undang-undang Nomor 7 tahun 2012, dan melanggar Undang-undang ITE Nomor 11 tahun 2008 Pasal 28 Ayat (2) Jo, Pasal 45 H Ayat (2), Pasal 4 Jo Pasal 16.

Baca juga: Abu Janda Bantah Lakukan Rasis: Evolusi di KBBI Artinya Berkembang

Debat Natalius Pigai dengan politikus PDIP Deddy Sitorus.

Panas! Elite PDIP ke Natalius Pigai: Kayaknya Harus Ngopi Dulu Nih, Gak Nyambung

Aktivis Papua Natalius Pigai terlibat perdebatan dengan politikus PDIP Deddy Sitorus soal hak angket hingga tarik menteri dari kabinet.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024