Mamuju Gempa Lagi, Masyarakat Berhamburan Selamatkan Diri

Bangunan di Mamuju yang terdampak gempa Majene, Sulbar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 kembali mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat, pada pukul 15.25 WIB, Rabu 3 Februari 2021.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

BMKG menyebut, pusat gempa berada di darat 9 kilometer arah barat laut Majene. Gempa terasa di Majene, Polewali dan Mamuju.

Marsaidi Okto Jahidi, salah seorang relawan kemanusiaan yang sekarang ini berada di Mamuju, menyampaikan bahwa guncangan gempa terasa cukup kuat. 

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

"Seperti diayun kondisi saat gempa," ujarnya kepada VIVA.

Menurut Koordinator Wilayah Ahsan Care untuk Sulawesi itu, saat terjadi gempa, warga kembali berhamburan menjauhi bangunan yang berpotensi rubuh. Beberapa diantara warga juga memilih kembali ke tenda pengungsian.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

"Orang berlarian naik ke tempat tinggi," tutur Ayhi, sapaannya.

Gempa berkekuatan serupa juga terjadi beberapa hari lalu. Gempa susulan membuat warga semakin trauma untuk kembali menempati kediaman mereka.

Muliahati, relawan lainnya mengatakan, kondisi rumah sebagian warga memang sudah tidak memungkinkan untuk ditempati, terutama yang retak dan berpotensi ambruk. Apalagi gempa susulan yang masih terus terjadi, dikhawatirkan menelan korban lain.

Di sisi lain, bantuan dari kelompok relawan kemanusiaan lainnya, masih terus didistribusikan ke wilayah yang terisolir, seperti di Ulumanda dan beberapa titik yang medannya cukup berat untuk dilewati akibat longsoran tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya