Bupati Terpilih di NTT Warga AS, Kemendagri: Persoalan Serius

Orient P Riwu Kore. bupati terpilih di NTT yang Berkewarganegaraan Amerika
Sumber :
  • Facebook Orient P Riwu Kore

VIVA – Bupati Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient P Riwu Kore yang terpilih dengan pesat di pilkada kemarin kini jadi sorotan. Ternyata yang bersangkutan dikabarkan memiliki status sebagai warga negara asing (WNA) Amerika Serikat (AS)

Sespri Iriana Jokowi Sendi Fardiansyah Daftar Calon Wali Kota Bogor dari Gerindra

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merespons dan menyatakan pihaknya melihat persoalan tersebut hal yang sangat serius. Oleh karena itu harus diselesaikan dengan cepat dan tepat.

"Kita melihat persoalan ini tidak hanya terkait dengan pilkada saja. Ada perhatian serius dan serius dari Kementerian Dalam Negeri terhadap persoalan ini," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benny Irwan saat dikonfirmasi VIVA di Jakarta pada Rabu, 2 Februari 2021.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

Tentunya kata dia dalam menyikapi persoalan ini perlu dilakukan koordinasi dengan pihak terkait yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Perlu duduk bersama-sama antara Kementerian Dalam Negeri, KPU dan Bawaslu ini terkait juga dengan pilkada," katanya.

KPU Optimistis Pilkada Serentak 2024 Akan Berjalan sesuai UU

Namun Kemendagri kata Benny tidak bisa langsung memberikan sanksi terhadap kepala daerah terpilih itu. Dijelaskannya, persoalan pilkada jelas ada kaitannya dengan para pihak penyelenggara.

"Itulah gunanya alternatif-alternatif dari KPU dan Bawaslu, DKPP. Hal hal terkait dengan sanksi tentu akan keluar hasil pembahasan yang akan dilakukan bukan oleh Kemendagri. Sanksinya ada di Bawaslu," ujar dia lagi.

 Partai Gerindra/Ilustrasi.

Anak Buah Prabowo Diplot jadi Cawagub Muzakir Manaf di Pilkada 2024

Ketua Gerindra Aceh Fadhlullah punya chemistry dengan Muzakir Manaf karena sama-sama eks kombatan GAM.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024