Bupati Sebut Sampah Bekas Medis di Bogor dari Rumah Sakit atau Klinik

Aparat menemukan karung-karung berisi sampah bekas medis yang dibuang sembarangan di area persawahan di Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Bupati Bogor Ade Yasin berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Bogor untuk menginvestigasi temuan puluhan kantong berisi sampah bekas medis di satu area persawahan di Kecamatan Tenjo dan Kecamatan Cigudeg.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Ade tak membantah namun tidak juga membenarkan atas dugaan bahwa sampah bekas medis itu, terutama baju hazmat, berasal dari Tangerang, yang ditunjukkan dari label pada baju-baju dekontaminasi tersebut. Dia hanya mengatakan, itu sedang diselidiki oleh polisi.

“Itu kemungkinan dari rumah sakit atau klinik, ya—itu baru kemungkinan," kata Ade kepada wartawan di Cibinong, Bogor, Kamis, 4 Februari 2021.

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Baca: Geger Temuan 17 Karung Sampah Medis Dibuang Sembarangan di Bogor

Tujuh belas kantong sampah medis kali pertama ditemukan di wilayah Kecamatan Tenjo pada Selasa, 2 Februari. Temuan itu langsung dimusnahkan dan sebagian sampel diambil untuk pemeriksaan. Namun sehari berselang, temuan kantong sampah medis kembali ditemukan dengan jumlah lebih banyak, sekitar 55 kantong. Di dalamnya terdapat perlengkapan APD berupa baju hazmat, masker, botol infus, dan jarum suntik.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Para camat sebagai aparat pemerintah di wilayah, katanya, diimbau agar menyiagakan pegawasan yang lebih ketat. "Makanya saya minta kepada camat untuk menyiagakan 24 jam, supaya tidak ada lagi yang membuang sampah di sana," ujarnya.

Presiden Jokowi bersama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim telah berhasil menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sebab, Budi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024