Masuk Deretan 21 Heroes 2021, Anies: Pengakuan Ini Buat Kita Semua

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk salah satu nama dalam jajaran 21 Heroes 2021 oleh Institusi Transportasi Internasional, Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Anies dinilai berhasil sistem transportasi di Ibu Kota.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Terkait itu, Anies menanggapi penghargaan ini berkat semua yang berperan. Menurutnya, pahlawan sebenarnya adala ribuan orang yang bekerja sehingga mendorong integrasi transportasi di Jakarta. Pun, menurutnya ada peran dari warga pejalan kaki, pesepeda dalam keberhasilan ini.

"Pahlawan sebenarnya adalah ribuan orang yang bekerja setiap hari untuk mendorong integrasi transportasi Jakarta, jutaan warga yang ikut menyukseskan dengan memilih berjalan kaki, bersepeda dan menggunakan transportasi publik. Pengakuan ini adalah buat kita semua," tulis Anies di akun Twitternya, @aniesbaswedan dikutip pada Jumat, 5 Februari 2021.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Sebelumnya, dalam keterangan resmi Pemprov DKI, Anies menyampaikan penghargaan tersebut sebagai hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, berkat kolaborasi dengan berbagai pihak. 

Anies mengatakan perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta merupakan bentuk dari partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah. 

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” jelas Anies.

Sebelumnya, Anies dinobatkan sebagai salah satu dari 21 Heroes 2021 yang diselenggarakan TUMI. Anies berada di urutan ke-17 dalam penghargaan ini.

Dikutip dari laman resmi TUMI, di tengah sumber daya yang semakin langka di Jakarta selama pandemi COVID-19, Anies dianggap memiliki banyak ide dan inovasi. Adapun ide itu menyangkut mobilitas masyarakat, terutama peningkatan layanan bus dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer.

"Kota itu (Jakarta) menuju tujuan bersama untuk menciptakan tempat yang adil, transportasi yang terjangkau dan influsif bagi semua. Sebelum pandemi, Anies melihat sistem transportasi Jakarta untuk menciptakan sistem transformatif dan terintegrasi dari berbagai moda transportasi," tulis penjelasan TUMI seperti dikutip VIVA, Jumat 5 Februari 2021.

Selain Anies, beberapa nama pejabat pemerintahan negara lain dan tokoh dunia masuk dalam daftar 21 nama tersebut. Salah satunya Menteri Pemerintahan Belgia Elke Van den Brandt. Kemudian, ada Menteri Transportasi Kolombia Carlos Cadena-Gaitan, hingga CEO mobil listrik Tesla, Elon Musk.

Baca Juga: Anies Masuk Daftar 21 Heroes 2021 karena Sukses Benahi Transportasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya