Viral Pulau Gili Tangkong Lombok Dijual Online, Pemprov Respons

Iklan Gili Tongkong dijual di sebuah situs online
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pulau Gili Tangkong di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat dikabarkan dijual secara online melalui sebuah iklan. Gili Tangkong dijual melalui situs jual pulau privateislandsonline.com.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Kabar dijualnya Gili Tangkong mendadak viral di Indonesia. Apalagi, hukum di Indonesia tidak mengizinkan jual beli pulau.

"Tidak ada Gili yang dijual," kata Kadis Kominfotik NTB, I Gede Putu Ariyadi pada Senin, 8 Februari 2021.

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Dia mengatakan, pemerintah memang mencoba untuk menghadirkan investor ke Gili Tangkong namun bukan berarti pulau tersebut dijual.

Gede Aryadi mengatakan, pemerintah daerah memberi karpet merah untuk para investor yang mau berinvestasi di NTB dengan memberikan kemudahan perizinan hingga penyediaan infrastruktur dasar.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

"Kita memberikan kemudahan berinvestasi di NTB, tapi bukan berarti dijual," ujarnya.

Dia mengatakan memang kasus jual beli pulau melalui situs online pernah terjadi di NTB. Namun hal itu merupakan penipuan karena hingga kini tidak pernah ada pulau yang dijual.

"Tidak mungkin kita (NTB) menjual aset yang jelas peruntukan dan manfaatnya untuk daerah dan masyarakat," ujarnya.

Gede menjelaskan, mungkin yang dimaksudkan pada situs tersebut adalah menawarkan kepada investor berinvestasi bukan menjual pulau. Dalam iklan itu diketahui tertulis "Gili Tangkong Island, Indonesia, Asia price upon request" kemudian ada tombol Inquire Now dan tulisan For Sale di bagian bawah. Kemudian terdapat penjelasan deskripsi Gili Tangkong di bagian sisi kanan. Iklan tersebut juga menggunakan latar foto pulau Gili Tangkong yang tampak masih hijau di tengah perairan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya