Polemik Bupati Sabu Raijua, Verifikasi Data Kependudukan Disorot

Calon Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P. Riwu Kore
Sumber :
  • ANTARA/Kornelis Kaha

VIVA – Polemik terpilihnya Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient P Riwu Kore diminta jadi evaluasi penting karena sebagai catatan minus demokrasi. Proses verifikasi menyangkut sistem data kependudukan untuk pilkada pun dikritik.

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Muzakki menilai ada kegagalan verifikasi data sehingga Orient Riwu yang notabene warga negara Amerika Serikat bisa menang dan terpilih jadi bupati.

"Merujuk Pasal 7 UU Nomor 10/2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) disebutkan syarat pencalonan kepala daerah harus warga negara Indonesia (WNI). Kemendagri selaku lembaga yang menaungi Dispendukcapil gagal melakukan verifikasi data," kata Muzakki, dalam keterangannya, Senin, 8 Februari 2021.

KPU Terima Daftar Pemilih Nasional Pemilu 2024 Sebanyak 204.656.053 Jiwa

Dia menyebut terpilihnya Orient jadi bukti buruknya tata kelola data kependudukan. Menurutnya, Kemendagri dan KPU tak profesional dalam melakukan seleksi administrasi. Ia bilang kasus Orient ini merupakan cerminan buruknya sistem data kependudukan.

"KPU sebagai penyelenggara pemilu harus menunjukkan tata kelola yang baik. Di mana permasalahan di atas menunjukkan tidak sinergisnya Kemendagri dengan lembaga-lembaga terkait," tutur Muzakki.

Demo Tolak Pemekaran Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Papua Ditangkap

Pun, ia meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bisa membereskan persoalan data tunggal sistem data kependudukan. Kata dia, status kemenangan Orient pun harus ditangguhkan.

Apalagi, ia menambahkan, pihak Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sabu Raijua sudah memperoleh kepastian status kewarganegaraan Orient. Keterangan ini diperkuat pernyataan Kedubes AS di Jakarta yang mengkonfirmasi yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS.

"Peristiwa ini harus menjadi evaluasi bagi pihak terkait karena menjadi catatan sejarah perjalanan demokrasi bangsa. Pemerintah perlu mengambil keputusan yang tegas untuk memastikan status kasus ini karena pilkada telah usai," ujarnya.

Baca Juga: Kemendagri Beberkan Riwayat Kependudukan Bupati Terpilih Sabu Raijua

Orient P Riwu Kore sebagai Bupati terpilih Sabu Raijua ramai disorot karena informasi Bawaslu yang mengumumkan status kewarganegaraannya Amerika Serikat.

Di Pilkada 2020, Orient berduet dengan Thobias Uly sebagai pasangan calon nomor urut 2. Orient dan Thobias diusung koalisi Demokrat dan PDIP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya