Bertemu Abu Janda, Pigai: Saya Intelektual yang Sangat Rasional

Natalius Pigai
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Aktivis HAM asal Papua, Natalius Pigai bertemu dengan pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda pada Senin kemarin, 8 Februari 2021. Pertemuan tersebut disorot karena kasus dugaan rasisme yang dilakukan Abu Janda terhadap Pigai.

Panas! Elite PDIP ke Natalius Pigai: Kayaknya Harus Ngopi Dulu Nih, Gak Nyambung

Pertemuan antara Pigai dengan Abu Janda diinisiasi Wakil Ketua DPR Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Dari keterangan Dasco, pertemuan berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan.

Terkait pertemuan itu, Pigai memberikan tanggapannya melalui akun Twitternya, @NataliusPigai2. VIVA sudah meminta izin ke mantan komisioner Komnas HAM itu untuk mengutip cuitannya.

Anti-Islam Meningkat Pesat di India Gegara Ini

Pigai menyampaikan dalam dugaan rasisme terhadapnya oleh Abu Janda, hukum pidana objeknya harus jelas.

"Dlm hukum Pidana objeknya hrs jelas. Abu Janda bertanya Evolusi selesai belum?. Memang isinya rasis tp “bertanya” itu tdk mungkin ada delik hukum," tulis Pigai di akun Twitternya yang dikutip pada Selasa, 9 Februari 2021.

Ujaran Kebencian Terhadap Muslim di India Meningkat 62 Persen, Ini Pemicunya

Dia menambahkan, Abu Janda yang meminta pertemuan. Sebagai intelektual, ia mengaku tak mungkin menolaknya.

"Beliau yg minta bertemu. Sy pemimpin & intelektual yg sangat rasional & tdk mungkin Sy tolak utk menerimanya. Apalagi Sy bkn pelapor!," tambah Pigai.

Sebelumnya, Dasco membagikan foto makan malam bersama Abu Janda dan Pigai di Hotel Fairmont, Senayan. Terlihat, Dasco dan Pigai mengenakan baju batik lengan panjang corak biru. Sementara, Abu Janda memakai baju kemeja kotak-kotak hitam lengan panjang dengan blankon. Di atas meja mereka, ada sajian makanan dan minuman.

"Perkuat diri membangun negeri. Bersama Natalius Pigai dan Abu Janda, Fairmont. 8-2-2021," ujar Dasco dalam keterangannya pada Senin, 8 Februari 2021.

Abu Janda sebelumnya sempat mengutarakan keinginannya untuk bertemu dengan Pigai. Hal itu disampaikannya usai  menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada Kamis, 4 Februari 2021. Namun, saat tu, ia mengaku masih menunggu respons Pigai.

“Karena ini urusan saya sama Bang Pigai, kok jadi orang lain yang laporin. Mungkin ada keinginan (berkomunikasi dengan Pigai), tapi itu gimana Bang Pigai berkenan,” ujarnya.

Terkait itu, Pigai merespons positif ajakan bertemu yang diinisiasi Abu Janda. Ia mengatakan paham risikonya sebagai aktivis HAM. Namun, tak pernah terpikirkan untuk mempolisikan orang yang menghinanya.

Baca Juga: Abu Janda Ajak Ketemuan, Natalius Pigai: Saya Hanya Lilin Kecil

Polemik Abu Janda kerena cuitannya jadi ramai disorot. Melalui cuitan di akun Twitter-nya, @permadiaktivis1, ucapan pegiat media sosial itu diduga mengandung rasis terhadap Pigai.

Abu Janda dinilai mengejek Pigai dengan sebutan evolusi di akun Twitter miliknya. Isi cuitannya, yakni 'Kau @NataliusPigai2, apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belom kau?'

Cuitan itu pun berbuntut panjang karena DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) melaporkan Abu Janda ke Bareskrim. Laporan tersebut tercatat dalam surat tanda terima laporan Nomor: STTL/30/I/2021/ Bareskrim tertanggal 28 Januari 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya