Tol Cipali Ambles, Contra Flow Diberlakukan dari Km 117 Sampai Km 126

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau lokasi jalan ambles di Tol Cipali
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono melakukan pengecekan jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Kilometer 122 yang ambles pada Selasa, 9 Februari 2021. Menurut dia, perbaikan jalan tersebut akan dilakukan segera dalam waktu 20 hari ke depan.

Anggota DPR Puji Pemerintah Antisipasi Macet Parah Sepanjang Arus Mudik 2024

“Target perbaikan itu 20 hari hasil diskusi dengan BPJT dan Binamarga Kementerian PUPR. Kita akan terus kelola kamseltibcarlantas di jalan tol ini di musim hujan sekarang,” kata Istiono.

Menurut dia, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah bersama BPJT serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan contraflow dari KM 117 sampai KM 126. Harapannya, supaya lalu lintas dari Semarang ke Jakarta bisa tertangani dengan cepat dan baik.

Cegah Tragedi Tol Japek KM 58, Contraflow saat Arus Balik Dikawal Safety Car

“Tentunya, ini masih bisa kita kelola dengan contraflow ini bisa ditangani. Ini akan kita tangani maksimal, kita akan monitor terus di titik-titik mana yang menjadi rawan, termasuk yang perbaikan lobang-lobang di titik-titik tertentu. Kita akan tangani bersama dengan stakholder terkait,” ujarnya.

Istiono meminta masyarakat yang lewat Tol Cipali KM 122 untuk bersabar sambil menunggu proses perbaikan. Karena, memang di KM 36 terpantau ada banjir sehingga jalan tol ini menjadi beban yang akan dilalui nantinya.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

“Jalur Pantura pun banjir, Karawang banjir, Subang banjir. Ini tuh jadi beban. Jalan itu jadi beban satu satunya jalan yang akan dilalui. Tentunya ini masih bisa kita kelola dengan contraflow ini bisa ditangani,” jelas dia. 

Sebelumnya diberitakan, jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 dari Cirebon arah Jakarta ambles dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan. "Saat ini di KM 122 arah Jakarta ada penutupan jalur," kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan ASTRA Tol Cipali Theresia Dyah melalui pesan yang diterima di Cirebon, Selasa, 9 Februari 2021.

Baca juga: Tol Cipali Ambles, Pengelola: Butuh Waktu 2 Minggu Memperbaiki

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya