Tol Cipali Ambles, Jalur Darurat Dibikin dan Contraflow Diperpendek

Jalur arah Jakarta Tol Cipali KM 122 ambles, Selasa, 9 Februari 2021.
Sumber :
  • ANTARA/HO-PJR Cipali

VIVA – Pengelola jalan Tol Cipali terus melakukan penanganan terkait amblesnya area KM 122. Caranya dengan memperpendek contraflow menjadi 1 kilometer dan membangun jalan sementara atau jalan darurat.

Sistem Ganjil-Genap Berlaku saat Mudik, Dipantau Kamera ETLE

"Mulai hari ini, kami memperpendek pengalihan arus lalu lintas contraflow," kata Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo, dalam keterangan pers, Kamis, 11 Februari 2021.

Ia mengatakan, rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Cipali akibat jalan ambles diperpendek. Awalnya, contraflow yang diterapkan di jalan Tol Cipali sepanjang 9 kilometer. Namun, kini menjadi 1 kilometer.

Mudik 2024, Rekayasa Lalu Lintas Trans Jawa Mulai Dijalankan 5 April 2024

Dengan begitu, saat ini kondisi arus lalu lintas di jalan Tol Cipali terpantau ramai lancar dan dapat dilalui dengan aman.

Adapun, contraflow yang diterapkan di jalan Tol Cipali kini mulai dari KM 121+800 sampai KM 122+800.

Ingat! Ganjil-Genap Berlaku di Puncak Bogor Mulai Hari Ini Sampai 11 Maret

Menurut dia, rekayasa lalu lintas contraflow yang dikurangi menjadi 1 kilometer itu menjadi bagian dari upaya penanganan amblesnya jalan Tol Cipali.

Untuk penanganan berikutnya, pengelola jalan Tol Cipali melakukan pembangunan jalan sementara sepanjang 200 meter.

Saat ini kegiatan pembangunan jalan sementara sedang dilakukan land clearing dan sheetpile atau penanaman pondasi baja yang berguna untuk menahan pergerakan tanah.

"Saat ini sheetpile sudah terpasang sepanjang 7 meter. Diprediksi pekerjaan pembuatan jalan di median ini akan dioperasikan secara normal dalam 10 hari ke depan," ujar Agung. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya