Pesan Imlek 2021: Anies Dorong Persatuan, Ganjar Bangkitkan Semangat

Perayaan Imlek 2021 di Klenteng Boen Tek Bio, Kota Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memberikan pesan-pesan dalam perayaan Imlek 2021 secara virtual. Mengingat pandemi COVID-19 hingga kini masih berlangsung di Tanah Air.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Anies Baswedan, mengajak umat Konghucu dan masyarakat Indonesia untuk bangkit dalam suasana persatuan, dalam perayaan Hari Raya Imlek 2021. Anies mengatakan, Imlek memberi hikmah pentingnya persatuan dalam menghadapi masalah.

"Saya mengajak kita semua melihat momen pandemi dan kesulitan ini untuk mencari peluang. Agar kita kembali kuat, bangkit dalam suasana persatuan, persaudaraan, memupuk optimisme, sehingga kita bisa melewati masa penuh ujian," kata Anies dalam perayaan Imlek yang digelar secara virtual di Youtube MATAKIN Pusat, Minggu 14 Februari 2021.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Baca juga: Pesan Mengena Menag Yaqut di Perayaan Imlek Nasional

Anies mencontohkan salah satu kisah klasik di Tiongkok tentang Imlek, yang menyatakan bahwa dengan gotong royong, masyarakat desa bekerja sama mengusir raksasa yang mengganggu desa itu.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

"Kisah klasik ini relevan dengan situasi sekarang. Saat ini kita berhadapan dengan pandemi, bencana alam, ini justru menjadi kesempatan mengokohkan persatuan dan memupuk optimisme," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan meski perayaan Imlek tidak dirayakan dalam skala besar, namun masyarakat Konghucu tetap di rumah dengan memanjatkan doa demi kesehatan dan keselamatan.

Ganjar menyebut, meskipun kondisi pandemi tidak mengenakan, namun kehadiran teknologi menjadi jembatan emas di tengah kehidupan masyarakat melalui ruang virtual.

"Keterbatasan ini justru menjadi loncatan lahirnya kekuatan baru. Bukan tidak mustahil ruang virtual mendominasi aktivitas kita. Momen tahun baru selalu menjadi pengungkit semangat, agar kita menjadi semakin lebih baik," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya