Jokowi Ungkap 65 Bendungan Sudah Mulai Dibangun 6 Tahun Lalu

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Pemerintah sudah mulai membangun puluhan bendungan yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia yang pembangunannya dimulai sejak enam tahun lalu. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

"Ada 65 bendungan di seluruh Tanah Air yang telah kita mulai bangun 6 tahun lalu," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur melalui siaran langsung kanal YouTube Biro Pres, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu, 14 Februari 2021. 

Menurut dia, dari jumlah itu, sudah ada beberapa bendungan yang sudah diresmikan seperti Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Rotiklot di NTT, Bendungan Tanju di NTT, Bendungan Mila di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Kemudian Bendungan Tritip di Kalimantan Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Sei Gong di Kepulauan Riau, Bendungan Nipah di Jawa Timur dan hari Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur diresmikan.

"Minggu depan kita resmikan lagi Bendungan Napun di NTT, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan dan Bendungan Sindagheula di Serang, Banten," katanya.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menjelaskan mengenai Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur. Bendungan Tukul itu menelan anggaran dari pemerintah mencapai Rp916 miliar.

Lanjut Presiden, dengan adanya bendungan itu Jokowi berharap dapat meningkatkan produksi pertanian masyarakat Pacitan dan juga kebutuhan bahan baku air bersih.

"Yang bisanya satu kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija menjadi 2 kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija, insya Allah sudah bisa dilihat dan dilakukan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya