Jokowi Lantik Olly Dondokambey Jadi Gubernur Sulut

Ilustrasi Presiden Jokowi melantik KSAL dan KSAU yang baru di Istana Negara
Sumber :
  • Sekretariat Negara

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik dua gubernur dan dua wakil gubernur hasil Pilkada serentak 2020. Kedua pasangan kepala daerah itu dilantik mengikuti protokol kesehatan COVID-19 dengan peserta dan tamu terbatas. 

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Kepala daerah yang dilantik yakni Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang. 

Pantauan VIVA, Senin 15 Februari 2021, sebelum dilakukan pelantikan, baik Olly dan Zainal menghadap Jokowi terlebih dulu di Istana Merdeka, Jakarta. Selanjutnya Presiden bersama kepala daerah mengikuti tradisi prosesi kirab, berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara untuk pengambilan sumpah jabatan.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Ikut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sekadar diketahui Olly Dondokambey berpasangan dengan Steven Octavianus Estefanus Kandouw untuk kepempinan Sulawesi Utara. Olly sendiri adalah Gubernur petahana, yang juga dikenal kader senior PDI Perjuangan.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Olly-Steven menggunguli dua pasangan calon lainnya di Piilkada Sulut 2020 yakni Tetty Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene.

Sementara, Zainal Arifin Paliwang berduet dengan Yansen Tipa Padan di Kalimantan Utara. Pun, Zainal-Yansen di Pilkada Kaltara 2020 mengalahkan dua pasangan lain yakni Udin Hiangio-Undunsyah serta Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

"Demi Allah, Demi Tuhan saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang juga diikuti para kepala daerah dilantik.

"Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen Protestan, semoga Tuhan menolong saya," kata Jokowi diikuti Olly-Steven.

Baca Juga: Tuduh Din Syamsuddin, GAR Alumni ITB: Kenapa Ramai Baru Sekarang?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya