Kapal Penjelajah Dunia dari Spanyol akan Berlabuh di Ternate-Tidore

Duta Besar Spayol H.E.Mr. Jose Maria Matres Manso.
Sumber :
  • Ifan Gusti/VIVA.

VIVA – Pemerintah Spanyol terus melakukan kordinasi dengan Pemerintah Daerah Tidore maupun Ternate, dalam persiapan acara internasional ekspedisi Magelhaens dan Sail Tidore yang dihelat November 2021 mendatang.

Kronologi Seorang Pemudik Meninggal Dunia di Area Parkir Kapal

Hal tersebut terlihat dari kunjungan kerja Duta Besar Spanyol untuk Indonesia di Ternate dan Tidore, pada Senin 15 Februari 2021.

Kedatangan rombongan duta besar negeri matador ke Maluku Utara itu, bertujuan berkordinasi dalam mempersiapkan kedatangan kapal legendaris pertama yang mengelilingi dunia. Yakni, Santa Maria de la Victoria untuk ekspedisinya di Ternate-Tidore pada 27-29 Maret 2021 mendatang.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Baca juga: LG hingga Wavin Komitmen Investasi, Proyek KIT Batang Dikebut

Dalam pertemuan dengan Wali Kota Ternate, Duta Besar Spayol H.E.Mr. Jose Maria Matres Manso meminta, Pemerintah Daerah setempat menyiapkan kordinat strategis berlabuhnya kapal tersebut. Agar dapat menjadi tontonan warga Ternate-maupun Tidore.

Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Tambah Perjalanan Kapal dari Sumatera ke Jawa

Selain membawa beberapa orang awak , kapal tersebut akan melakukan beberapa atraksi di perairan Ternate-Tidore hingga pada letusan meriam. Lantaran pandemi COVID-19, kapal tersebut menurut Kedubes tidak akan sandar ke dermaga guna keperluan pengisian BBM dan lain sebagainya. Namun, hanya buang jangkar di perairan antara Ternate-Tidore.

Kepada wartawan, Jose  mengungkapkan, kapal tersebut sudah menyinggahi 40 negara dan meninggalkan spanyol beberapa waktu lalu.

“Dua hari lalu kapal diinformasikan telah berada di Hawai lalu menuju Guam, ke Filipina dan akan masuk ke Indonesia melalui Jakarta dan selanjutnya ke Ternate dan Tidore ,” kata Jose.

Dalam menyambut kedatangan kapal tersebut berbagai aksi pentas seni budaya akan dihelat pada 7 Maret 2021 di benteng Orange Ternate, dalam pentas budaya itu tersaji budaya Spanyol dan Ternate agar supaya adanya penyatuan dua budaya.

Laporan Ifan Gusti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya