Wisata Bahari Demi Pulihkan Ekonomi, Sandi-Wahyu Trenggono Bicara

Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri KKP Wahyu Trenggono
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung penuh pengembangan wisata bahari Indonesia. Dukungan penuh ini diberikan untuk membantu pemulihan ekonomi di sektor wisata bahari yang terganggu akibat pandemi COVID-19. Hal tersebut disampaikan saat Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Menurut Trenggono, wisata bahari menjadi pilihan utama masyarakat sebab lokasi yang ditawarkan berada di area terbuka. Oleh karena demikian aman bagi pelancong yang berwisata di masa pandemi seperti saat ini.

"Kalau kita berharap pada destinasi wisata seperti zaman normal, rasanya berat. Harus ada sesuatu yang menarik. Logikanya kalau orang berwisata di laut jauh lebih sehat. Image ini harus dibangun dulu," ujar Menteri Trenggono di kantor KKP, Jakarta Pusat, Selasa 16 Februari 2021.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Kementerian KP (KKP) mengelola pesisir dan ruang laut dari Sabang hingga Merauke yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Kemudian ada juga kapal-kapal tidak terpakai yang dapat dimanfaatkan menjadi restoran terapung sebagai destinasi wisata kuliner.

Pengemasan destinasi wisata ini lanjut Trenggono harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat. Selain itu juga harus memerhatikan kelestarian lingkungan supaya hasilnya tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, tetapi juga terjaminnya keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut.

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

"Di beberapa titik kita punya kapal yang bisa di-upgrade untuk jadi restoran apung. Tapi jangan massal yang khusus saja. Misal, hanya untuk menampung 25 orang," lanjutnya.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah pemanfaatan hutan mangrove sebagai destinasi wisata pesisir. Bila dilengkapi dengan beragam atraksi menarik, dia yakin wisata mangrove bisa menjadi pilihan masyarakat.

Dalam pengembangan wisata bahari mangrove ini tambah Trenggono dapat pula menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sehingga area yang dimanfaatkan bisa lebih luas.

"Dari mangrove ini juga bisa ada turunan-turunan ekonomi kreatif yang dihasilkan. Pokoknya kami siapkan dari Sabang sampai Merauke. Kita dukung penuh," kata Trenggono.

Sementara itu Sandiaga Uno mengaTAKAN akan menyiapkan skema untuk menghidupkan lokasi-lokasi wisata bahari di Indonesia. Sandi yakin, dengan adanya dukungan dari KKP, sektor pariwisata ini bisa menggeliat.

"Kita mau all-out garap wisata bahari, mau kolaborasi. Dukungan dari KKP akan membuat sektor pariwisata bisa tumbuh pesat," ungkap Sandiaga Uno.

Dia juga memuji program tambak udang milenial yang digagas KKP. Menurutnya, program tersebut dapat diintegrasikan dengan program-program di kementeriannya sehingga dampak ekonomi yang dihasilkan bisa lebih besar.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya