Polresta Malang Kota Diganjar Penghargaan Pelayanan Prima

Kepala Polresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata menerima penghargaan predikat pelayanan prima dari Menpan RB.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Polresta Malang Kota mendapat penghargaan predikat pelayanan prima karena melayani publik dengan baik. Penghargaan diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik. Ada 12 polres, polresta dan polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima, salah satunya Polresta Malang Kota.

"Sesuai visi dan misi reformasi birokrasi yang diinginkan Pak Presiden (Joko Widodo), kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai presiden, kepala desa, lurah, kapolri sampai kapolsek, Bhabinkamtibmas, panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa," kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo.

Penghargaan Penyedia Jasa Truk Terbaik pada Survei Bisnis

Baca: ‘Arema Police Sobo Kelurahan’, Inovasi Polisi di Malang saat PPKM

Ke-12 Polres, Polresta dan Polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima adalah Polresta Pekanbaru, Polrestabes Palembang, Polrestabes Bandung, Polresta Cirebon, Polres Malang, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Malang Kota, Polres Banyuwangi, Polres Kulonprogo, dan Polres Sleman.

Bocah Muslim Selamatkan 100 Orang Saat Aksi Terorisme di Moskow, Dapat Penghargaan dari Putin

Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri terus berusaha meningkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital sehingga pelayanan publik sesuai yang diharapkan masyarakat khususnya memangkas birokrasi.

"Kami sudah membuat road map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024. Inovasi bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online. Untuk 12 Polres upayakan inovasi dan dapatkan predikat prima semoga jadi pemicu rekan lain untuk lakukan hal yang sama," ujar Sigit.

Kepala Polresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata mengatakan, setelah mendapatkan penghargaan layanan prima, dia meminta seluruh personel Polresta Malang Kota melakukan kualitas layanan yang santun demi mendapatkan kepercayaan masyarakat.

"Saya minta anggota Polresta Malang Kota untuk membudayakan kualitas layanan yang santun, pelayanan publik yang santun sehingga dapat menciptakan kepercayaan masyarakat atas kinerja yang dihasilkan. Dengan jabatan yang saat saya sandang sebagai Kapolresta Malang Kota saya selalu berusaha untuk memberikan pelayanan publik Polri yang terbaik bagi masyarakat tanpa melihat status maupun jabatan yang mereka sandang," kata Leonardus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya