Jumlah Denda Putusan MA Capai Rp5,6 Triliun Sepanjang 2020

Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin saat dilantik beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin menyampaikan laporan tahunan MA tahun 2020. Berdasarkan laporan Ketua MA, total denda dan uang pengganti berdasarkan putusan di tingkat MA nilainya mencapai Rp5,6 Triliun sepanjang 2020.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

"Jumlah denda dan uang pengganti berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) adalah sebesar Rp5.648.296.731.748,5 (Rp5,64 triliun)," kata Syarifuddin dalam keterangannya, Rabu, 17 Februari 2021.

Baca juga: 248.275 UMKM dapat Insentif Pajak Senilai Rp670 Miliar

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta

Sementara untuk jumlah denda dan uang pengganti berdasarkan putusan pengadilan tingkat pertama yang berkekuatan hukum tetap di lingkungan peradilan umum dan peradilan militer yakni sebesar Rp52,8 triliun sepanjang 2020.

Syarifuddin mengatakan, pidana denda dan uang pengganti tersebut didapat melalui putusan-putusan yang berkekuatan hukum tetap pada perkara pelanggaran lalu lintas, perkara tindak pidana korupsi, dan perkara narkotika.

Top Trending: Sosok di Balik Gambar Khong Guan Hingga Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Uang pengganti dan denda itu juga didapat dari perkara kehutanan, perkara perlindungan anak, perkara perikanan, perkara pencucian uang, dan perkara-perkara tindak pidana lainnya.

Syarifuddin juga menyampaikan kontribusi dari penarikan PNBP berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan pada tahun 2020 mencapai Rp71,7 miliar.

Hakim Agung Suharto

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Pencalonan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung menuai respons negatif karena Suharto pernah menganulir hukuman mati untuk Ferdy Sambo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024