Foto Serangan Wabah Gatal-gatal Scabies yang Membuat Geger Pontianak

Wabah gatal-gatal Scabies melanda Pontianak
Sumber :
  • Ngadri/Kalbar

VIVA – Wabah penyakit Scabies melanda warga Gang Pisang Berangan RT 002 RW 19 Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Kalimantan Barat (Kalbar) yang dilaporkan pada Rabu, 16 Februari 2021. Setidaknya ada 84 warga yang sudah terinfeksi Scabies.

Jangan Sepelekan Gatal-gatal, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Lain yang Lebih Parah

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu penyakit gatal-gatal tersebut merupakan infeksi biasa dan pihaknya sudah mengambil tindakan untuk segera menangani 84 warga yang terjangkit infeksi Scabies. 

Wabah ini dipicu karena kurangnya kebersihan yang terjadi di lingkungan warga. Penyebabnya adalah parasit atau tungau Sarcoptes scabei. Ukurannya sangat kecil 0,5 mm. Selain itu, wabah ini juga cepat menular sehingga tak aneh biasanya dialami satu keluarga.

7 Dampak Keramas Setiap Hari, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Rambut

Yang juga perlu diketahui juga, rasa gatal yang teramat sangat itu terjadi karena efek produk yang dihasilkan tungau seperti telur, kotoran, liur dan cairan lainnya. Masih menurut Sidiq Handanu, untuk mencegah meluasnya wabah ini masyarakat perlu menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya dan segera berobat. 

Nah berikut redaksi rangkum tangkapan kamera mengenai serangan wabah tungau yang tengah melanda Pontianak:

Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Diabetes yang Sering Diabaikan

Photo :
  • Ngadri/Kalbar

Photo :
  • Ngadri/Kalbar

Photo :
  • VIVA/Ngadri

Photo :
  • Ngadri/Kalbar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya