PAN Klaim Revisi UU ITE Tak Akan Lama, Belajar dari Omnibus Law

Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay.
Sumber :

VIVA – Partai Amanat Nasional menyetujui rencana Presiden Joko Widodo untuk bersama DPR merevisi Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). PAN meyakini bahwa revisi memang merupakan langkah terbaik untuk menyelesaikan permasalahan pasal-pasal multitafsir dalam UU ITE.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Revisi itu menjadi sangat penting karena UU itu adalah aturan yang menjadi payung hukum yang tertinggi setelah UUD 1945. Jadi, karena itu, kita berharap akan segera dilakukan revisi," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Kamis, 18 Februari 2021.

Revisi undang-undang, katanya, bisa dilakukan dengan cepat apabila sudah diketahui dan dipetakan di mana letak pasal yang bermasalah yang mestinya direvisi. Kemudian sosialisasi ke seluruh fraksi dan dibahas bersama untuk revisi.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Baca: Kapolri Akui Penggunaan UU ITE Sudah Tidak Sehat

Saleh meyakini, tidak butuh waktu lama untuk revisi UU ITE apabila ada kemauan dari seluruh Fraksi dan Pemerintah. Maka adanya anggapan revisi UU memerlukan waktu yang lama itu bisa diatasi.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Saya melihat perubahan UU ITE itu tidak butuh waktu banyak kalau memang sudah didasari oleh niat baik. Jangankan merevisi UU, membuat UU tebal sebesar UU Omnibus Law saja itu pemerintah dan DPR bisa melaksanakannya dalam waktu yang tidak begitu panjang," ujarnya.

Presiden Joko Widodo berencana merevisi UU ITE, yakni UU Nomor 19 Tahun 2016. Kepala Negara akan mengajukan revisi jika memang UU itu dinilai tidak memberikan rasa keadilan.

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024