Kasus Kompol Yuni, Polri: Jangan Pukul Rata Polisi Rentan Narkoba

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan meminta masyarakat tidak menstigma aparat kepolisian yang berdinas di Direktorat Reserse Narkoba itu rentan mengkonsumsi narkoba. Meskipun, Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi yang dikenal polisi narkoba ditangkap karena diduga konsumsi sabu-sabu.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

“Itu tidak bisa digeneralisir, setiap anggota yang bertugas di narkoba rentan, itu tidak bisa. Jadi tidak bisa dipukul rata seperti itu. Yang jelas, setiap anggota tetap dilakukan pengawasan secara berjenjang,” kata Ramadhan dikutip dari Youtube Divisi Humas Polri pada Jumat, 19 Februari 2021.

Menurut dia, penangkapan terhadap mantan Kapolsek Astanaanyar bersama sebelas orang anggota lainnya hasil gabungan dari Bidang Propam Polda Jawa Barat dan Divisi Propam Mabes Polri. 

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

“Artinya, ini pengawasan yang dilakukan Polri sangat ketat dan ini bagian dari transparansi,” ujarnya.

Sementara, Ramadhan mengatakan pihaknya akan melihat rekam jejak atau track record dari Kompol Yuni selama menjadi anggota Polri. Sehingga, bisa menjadi pertimbangan dan kebijakan dari pimpinan untuk memberikan hukuman kepada Kompol Yuni.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

“Kita lihat nanti pengguna ini bagaimana, apakah sudah sering apa baru sekali. Polri melihat juga setiap anggota ada prestasi-prestasi, berapa tahun dia dinas, apakah 20 tahunan dinasnya. Kemudian tidak pernah melakukan pelanggaran, jika melakukan pelanggaran sifatnya sebagai apa. Memang kalau ancaman bagi anggota Polri terlibat sebagai pengedar narkoba, ancamannya dipecat,” jelas dia.

Ilustrasi sidang kode etik anggota polisi

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Di lokasi kejadian, 5 polisi tersebut berlagak preman dengan menodong senpi ke korban lalu menghajar secara membabi buta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024