BMKG: Waspadai Hujan yang Bakal Guyur Jabodetabek 23-24 Februari

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Badan Meterologi Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang (Jabodetabek) masih mengalami hujan selama sepakan ini.

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

"Untuk periode sepekan wilayah Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kita berbicara Jabodetabek sampai 25  Februari," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam keterangan pres online di Jakarta, Sabtu, 20 Februari 2021.

Ia menampilkan dalam sebuah peta di layar monitor, dan menjelaskan, bahwa peta warna hijau kuning intensitas semakin tinggi. Hari ini, kuningnya merata hampir seluruh wilayah Jabodetabek.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

"Kemarin sebetulnya tidak merata tapi dampaknya justru seperti itu. Karena untuk hari ini prediksi kami justru akan terjadi peningkatan intensitas hujan," katanya.  

Kata dia, untuk esok tanggal 21 Februari warna dalam peta itu hijau muda, ini intensitasnya menjadi rendah. Jadi energinya hujan terlepas untuk hari ini nanti, kemudian besok hijuanya sangat mudah atau ringan.

Viral Video Ikan Berjatuhan dari Langit

Kemudian, pada  22 Februari dalam peta warnya hijau sangat muda artinya hujannya masih ringan tapi di bagian selatan hijau mulai menua terbentuk terjadi peningkatan intensitas hujan meskipun dalam kondisi masih dalam intensitas ringan.

Kemudian, tanggal 23 Februari peta warnanya sudah menjadi kuning menjadi cokelat kemerahan. "Yang perlu diwaspdai kuning cokelat kemerahan itu hampir merata di seluruh wilayah Jabodetabek. Kita hari ini masih harus waspada, kemudian tanggal 23 dan 24 yang perlu kami tekankan," kata dia/

Gempa Bumi Guncang Mataram NTB dan Bali

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Bali diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,2 pada pukul 05:09 WIB, yang berpusat di 97 kilometer Barat Daya Lombok Barat NTB

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024