Banjir, Ini Daftar Perjalanan KA Jarak Jauh yang Dibatalkan

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Dampak cuaca ekstrem di area Daop 1 Jakarta, terdapat hambatan perjalanan Kereta Api jarak jauh. Hingga Minggu 21 Februari 2021, sejumlah ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemahabang km 55 +100 sampai km 54+500 terendam banjir.

KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

"Untuk sementara waktu, lokasi tersebut belum dapat dilalui. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai Cibeet dan Citarum," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada wartawan, Minggu 21 Februari 2021.

Baca juga: Anies Sebut Banjir di Kemang dan Sudirman Kiriman Depok

Viral Oknum TNI Diduga Diam-diam Foto Penumpang di Kereta, Ini Kata KAI

Kata dia, seluruh KA keberangkatan sampai pukul 12.00 WIB siang dari Stasiun Pasar Senen dibatalkan buntut banjir. Kemudian, dua keberangkatan dari Stasiun Gambir sampai pukul 12.00 WIB siang dialihkan dari Stasiun Cikampek. Adapun kedua KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya.

Kata Eva, penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan Bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA. Untuk keberangkatan KA pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala.

Penumpang KAI Tembus 3,36 Juta saat Angkutan Lebaran 2024, Naik 18 Persen

Eva menjelaskan informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.

"PT KAI Daop 1 memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA," katanya.

Berikut informasi perjalanan KA jarak jauh Minggu 21 Feb 2021 untuk waktu keberangkatan sampai dengan pukul 12.00 WIB:

1. Stasiun Pasar Senen seluruh KA dibatalkan;

2. Stasiun Gambir (keberangkatan dialihkan dari Stasiun Cikampek).

- KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi;

- Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan;

- KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya