UMSU Masuk Top 100 Universitas Islam Terbaik di Dunia

Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)

VIVA – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus menunjukan prestasi terbaiknya. Kali ini, UMSU masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi Islam terbaik di dunia versi pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings Tahun 2021.

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

UMSU berada pada urutan 56  perguruan tinggi Islam terbaik di dunia dan menjadi perguruan tinggi Islam swasta peringkat pertama di Sumatera. UMSU  dalam daftar yang disusun pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2021 juga masuk dalam daftar 100 top perguruan tinggi di Indonesia. 

Pada daftar universitas terbaik yang disusun  pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2021. UMSU masuk dalam 100 top universitas terbaik di Indonesia. UMSU berada pada urutan 78  berdampingan dengan universitas negeri dan swasta terkenal di Indonesia.

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

Lembaga Pemeringkat 4 International Colleges & Universities (4ICU) merupakan direktori dan ranking perguruan tinggi di dunia yang dibuat oleh web 4icu.org. Lembaga ini setiap tahunnya mempubllikasi top universitas rankng secara global maupun nasional di satu negara.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. K.H. Haedar Nasir memberikan apresiasi kepada sejumlah universitas  Muhammadiyah yang masuk dalam  daftar 100 top universitas Islam dunia versi uniRank. Dalam daftar yang dirilis uniRank,  Universitas Muhammadiyah Malang menempati urutan pertama universitas Islam dunia, disusul Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (4) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (8).

Mengintip 7 Fakta Menarik Prodi Manajemen Universitas Atma Jaya

"Saya mendapatkan banyak apresiasi dengan dirilisnya daftar Top 100 Universitas Islam dunia yang dirilis 4ICu karena masuknya beberapa Universitas Muhammadiyah dalam jajaran top universitas Islam dunia, " ungkap Haedar dalam keterangan tertulis, Senin 22 Februari 2021.

Dalam daftar yang dirilis UniRank itu juga menyertakan universitas yang berasal dari sejumlah negara antara lain,  Arab Saudi, Iran, Mesir Malaysia dan negara lain di dunia.

Dalam kesempatan itu, Haedar juga memberikan apresiasi kepada UMSU  yang meraih berbagai prestasi membanggakan sepanjang Tahun 2020. Prestasi yang berhasil dicapai tentunya menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh sivitas akademika dalam memajukan universitas.

Sementara itu, Rektor UMSU, Dr. Agussani, MAP menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan UMSU dalam mencapai berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional sepanjang Tahun 2020. 

"Capaian prestasi yang diraih UMSU ini merupakan hasil kerja bersama seluruh sivitas akademika UMSU  yang mendapat dkjungan seluruh jajaran pengurus wilayah dan daerah  serta warga Muhammadiyah," tutur Agussani.

Agussani menjelaskan dalam rangka turut memajukan amal usaha Muhammadiyah khususnya dibidang pendidikan,  UMSU telah melakukan pendampingan terhadap pesantren maupun sejumlah sekolah tinggi di Sumatera Utara.

"UMSU juga memberikan pendampingan akademik kepada universitas di Sumatera Barat, Aceh dan  Riau," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya