WN Rusia Buronan Interpol yang Kabur dari Imigrasi Bali Ditangkap

Petugas menunjukkan daftar pencarian orang (DPO) dua warga negara Rusia
Sumber :
  • Antara

VIVA – Buronan Interpol Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka yang melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali berhasil dicokok kembali oleh tim Mabes Polri, Resmob Polda Bali dan pihak Imigrasi Khusus Kelas I Ngurah Rai.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Andrew Ayer ditangkap di Villa Seminyak II, Jalan Umalas 1, Kuta Utara, dini hari tadi. Saat penangkapan, Andrew tidak melakukan perlawanan. Andrew lantas digiring ke Kantor Imigrasi.

"Tim Mabes Polri, Resmob Polda Bali bersama dengan pihak Imigrasi Khusus Kelas I Ngurah Rai telah melalukan penangkapan terhadap DPO Red Notice Interpol WNA Rusia Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka," ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, Rabu 24 Februari 2021.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Bukan hanya Andrew, tim gabungan tersebut pun mencokok seorang wanita yang tak lain adalah kekasih dari Andrew. Wanita itu bernama Ekaterina Trubkina. Dia terpaksa ikut ditangkap buntut diyakini terlibat dalam pelarian buronan Interpol tersebut. Tim gabungan hendak menggali keterangan dari wanita itu.

"Diamankan bersama pacarnya tanpa melakukan perlawan dilanjutkan membawa DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut ke kantor Imigrasi," ujar dia.

Ini Sejumlah Potensi Kerawanan Saat Masa Mudik Lebaran yang Dipantau Polri

Kaburnya Andrew Ayer bermula dari dia akan dipindahkan dari Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada hari Kamis, 11 Februari 2021. Hal ini dilakukan karena keterbatasan ruang detensi yang dimiliki Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Namun, saat proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rudenim Denpasar mulai dari memperoleh keterangan, mendata, hingga menyiapkan surat penyerahan untuk nantinya diambil oleh Interpol, yang bersangkutan dijenguk oleh rekan wanitanya bernama Ekaterina sekitar pukul 13.20 WITA.

Setelah dijenguk oleh rekan wanitanya tersebut, Andrew menjalani pemeriksaan kembali oleh petugas. Namun, saat pemeriksaan berlangsung, yang bersangkutan menyelinap dari dalam ruang pemeriksaan, lalu melarikan diri.

Baca juga: Polisi Gandeng Interpol Buru Buronan Mafia Tanah Benny Tabalujan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya