Penampakan Kawasan Heritage Kota Lama Semarang yang Kembali Kebanjiran

Banjir genangi kota lama Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Banjir kembali melanda Kota Semarang setelah diguyur hujan deras pada Selasa sore 23 Februari 2021. Genangan air masih belum surut di beberapa tempat hingga Rabu siang 25 Februari 2021 ini, salah satunya adalah Kota Lama. 

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Kawasan yang menjadi ikon wisata Kota Semarang tersebut tergenang hingga setengah meter hampir di seluruh areanya. Terutama di jalan utama depan gereja Blenduk hingga ke belakang arah Stasiun Tawang. 

Beberapa hiasan untuk mempercantik Kota Lama, seperti tonggak besi cor pembatas jalan hanya kelihatan bagian ujungnya. Begitu juga kursi-kursi taman yang seperti berada di atas kolam akibat genangan air.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Ini adalah yang kedua kalinya kawasan Kota Lama banjir bulan ini. Padahal, Kota Lama sudah dan sedang direstorasi termasuk didesain agar tidak terdampak banjir. Apalagi di sekitar Kota Lama sudah dibangun rumah pompa untuk menguras. Tapi tetap saja banjir. 
Tidak dinyalakannya beberapa pompa pada banjir sebelumnya dinilai sebagai salah satu yang membuat penanganan banjir di Kota Lama tidak maksimal.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hari ini kembali mengecek ke area banjir kawasan Kota Lama. Termasuk ke rumah pompa.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Iki sampahe akeh yo mas (sampahnya banyak ya),” kata Ganjar saat melihat ke dalam rumah pompa Kota Lama Semarang dan terdapat tumpukan sampah.

Petugas pompa pun menjelaskan, sejak Selasa malam banyak sampah tersangkut. "Sejak semalam kami serok banyak sampahnya. Diangkut pakai truk ini,” jelas petugas rumah pompa.

Gubernur meminta agar petugas untuk selalu komunikasi dengan pihak PLN agar listrik di rumah pompa tersebut tak sampai mati. Karena masalah listrik sangat berpengaruh terhadap operasional pompa.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno / Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya