Stasiun Tawang Banjir, Kereta Dilangsir Pakai Loko Hidrolik

KA Hidrolik yang dioperasikan sejak Selasa malam sampai Rabu siang.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA - Hingga Rabu siang, 24 Februari 2021, banjir yang menggenangi Stasiun Tawang Semarang belum sepenuhnya surut. Genangan setinggi 35 sentimeter di ruang tunggu dan peron membuat aktivitas stasiun masih distop. Seluruh calon penumpang dialihkan ke Stasiun Poncol.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Sementara itu, jalur rel dari Stasiun Tawang ke arah Stasiun Alastua di sisi timur sebagian masih tertutup genangan. Hal ini membuat PT. KAI Daop 4 mengoperasikan loko hidrolik untuk melangsir rangkaian kereta dari Stasiun Poncol ke Stasiun Alastua dan sebaliknya.

"Genangan rel ada di titik KM 1+100 hingga KM 1+600. Jadi sekitar setengah kilometer. Maka loko reguler dan rangkaian keretanya ditarik pakai loko hidrolik untuk melewati genangan sampai stasiun berikutnya baik Poncol maupun Alastua, dan dari Stasiun tersebut loko hidrolik dilepas dan dilanjutkan seperti biasa," kata Manager Humas PT. KAI Daops 4, Krisbiyantoro.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Baca juga: Banjir Semarang, Giring PSI Dicariin Netizen

Ia menambahkan, dari laporan di lapangan, Rabu siang tadi sudah diujicoba tanpa loko hidrolik. Kalau lancar maka bisa memakai loko normal.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

"Tadi sudah dicoba rangkaian KA Maharani jurusan Surabaya, pakai loko biasa, dan kalau lancar kereta lainnya kita operasikan seperti biasa. Tapi sementara layanan di Stasiun Tawang masih dialihkan ke Stasiun Poncol," katanya.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024