5 Kampung Tangguh Cegah Penyebaran Covid-19 di Pontianak

Ilustrasi vaksinasi COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat menyatakan saat ini memiliki lima kampung tangguh dalam penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19 di kota itu, kata Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan.

"Lima kampung tangguh itu, masing-masing tersebar di enam kecamatan yang ada di Kota Pontianak, khusus Kecamatan Tenggara dan Selatan miliki satu kampung tangguh dalam penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19," kata Bahasan saat membuka pelatihan kader kampung tangguh di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, pihaknya juga menyambut baik dan mendukung pembentukan kampung tangguh hingga di tingkat RT/RW. "Tujuan dibentuknya kampung tangguh ini sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Konsep kampung tangguh sama halnya dengan kampung sehat, yakni mendorong masyarakat untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menghadapi pandemi yang disebabkan oleh virus corona. Bahasan menyebut hingga kini sudah terbentuk lima kampung tangguh di Kota Pontianak. "Jumlah ini akan diperluas lagi supaya semakin banyak kampung tangguh yang ada di Kota Pontianak hingga ke tingkat RT/RW," katanya.

Dijelaskannya, ada tiga aspek kehidupan dalam kampung tangguh, yakni kesehatan, ekonomis sosial dan keamanan. Ketiga aspek itu sebagai landasan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Terbentuknya kampung tangguh hingga ke tingkat RT/RW, maka bisa terdeteksi jumlah orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di suatu kawasan, sehingga titik-titik wilayah tersebut bisa dipetakan kategori zona masing-masing," katanya.

Ia menambahkan pandemi yang tengah dihadapi saat ini, harus dibarengi dengan memperkokoh semangat gotong royong untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dengan melestarikan kearifan lokal dalam menjalani kehidupan normal baru untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tersebut.

"Yang tak kalah pentingnya adalah selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aspek kehidupan, yakni selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun, dan jaga jarak aman," demikian Bahasan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya
PM Singapura Lee Hsien Loong

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong said Monday that he will step down on May 15 after two decades on duty and hand power to his deputy Lawrence Wong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024