Bebatuan Diduga Kuat Peninggalan Masa Pra Sejarah Ditemukan di Garut

Batu diduga peninggalan masa pra-sejarah ditemukan di Garut
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Benda berupa batu ditemukan oleh tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Garut Jawa Barat. Batu tersebut diduga merupakan peninggalan masa pra sejarah. Disparbud Garut, hingga saat ini masih melakukan penelitian bebatuan yang ditemukan di sebuah perbukitan di Kecamatan Limbangan, Garut.

Petugas Hentikan Ambulans yang Ternyata Digunakan Pemudik untuk Pulang Kampung

Budayawan dan ahli kepurbakalaan asal Garut, Warjita mengatakan bahwa hasil analisa sementara dari struktur batu tersebut merupakan batu yang dipergunakan untuk pemujaan. Diduga batu peninggalan zaman megalitikum, dan saat ini sedang dilakukan penelitian oleh ahli arkeologi.

"Harus ditekankan ini baru dugaan, karena akan diteliti oleh tim arkeologis Jawa Barat," ujarnya, Kamis, 25 Februari 2021.

Tanpa Bulan Madu, RM Gelar Pernikahan Lalu Kembali Masuk Bui

Terkait dugaan masyarakat bahwa batu tersebut peninggalan Prabu Kian Santang, menurut Watjita masih bisa dimungkinkan. Mengingat Prabu Kian Santang tertulis dalam sejarah menyebarkan agama Islam, salah satunya ke daerah Galih Pakuwan atau kekuasaan Sunan Cipancar.

"Itu lokasinya dekat dengan penemuan situs, jadi bisa juga itu peninggalan Prabu Kiansantang," ungkap Watjita.

Rosemary dan Bintang Lainnya Meriahkan DCDC Ngabuburit Extra

Sementara Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kecamatan Limbangan Garut, Mamun mengatakan batu peninggalan zaman pra sejarah yang ditemukan, salah satunya batu nungku. Masyarakat meyakini benda-benda yang ditemukan ini diduga merupakan peninggalan Prabu Kian Santang.

"Masih terus diteliti, mudah-mudahan ini merupakan peninggalan masa pra sejarah,” katanya.

Baca juga: Bripka CS Tewaskan Anggota TNI di Kafe RM, Ini Pesan Pangdam Jaya

Proses ekshumasi diduga korban penganiayaan

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Makam pria di Kampung Sayuran Desa Barusuda, Kecamatan Cigedug Jawa Barat terpaksa dibongkar atau ekshumasi oleh aparat Kepolisian Polres Garut. Kematian pria itu janggal

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024