Besok, NTB Mengalami Fenomena Hari Tanpa Bayangan

hari tanpa bayangan, sumber: instagram.com/sdmuhammadiyah7bdg
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram mengabarkan akan ada fenomena kulminasi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Jumat, 26 Februari 2021.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, mengatakan fenomena kulminasi dikenal dengan Hari Tanpa Bayangan.

"Kulminasi atau transit atau istiwa' adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit," katanya, Kamis, 25 Februari 2021.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dia mengatakan, saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama. Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. 

"Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," ujarnya.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Secara umum, kulminasi utama pertama tahun 2021 di Indonesia terjadi antara 20 Februari 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2021 di Sabang, Aceh. 

Untuk wilayah NTB, dia mengatakan, fenomena kulminasi akan terjadi pada pukul 12:28:29 Wita. 

Fenomena tersebut adalah fenomena biasa dan tidak berbahaya. Namun masyarakat harus tetap menghindari terik panas dan menjaga tubuh tidak dehidrasi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya