NasDem Mulai Siapkan Konvensi Capres

Rakornassus Partai NasDem, Jakarta 22-24 Februari 2021
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Rapat Koordinasi Khusus (Rakornassus) digelar oleh Partai NasDem dengan tema "Konsolidasi Organisasi dan Penguatan Infrastruktur Partai" pada tanggal 22-24 Februari 2021.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Dalam Rakornassus ini beberapa poin sikap politik di antaranya menegaskan kembali komitmen Partai NasDem mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan, Partai NasDem secara konkret dan riil di tengah pandemi COVID-19 mendampingi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Nama Anies Baswedan Mencuat Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024, PKS Siap Usung Lagi?

Dikatakan Johnny bahwa Partai Nasdem mendukung keputusan pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin terkait UU pemilihan Umum. Sehingga Partai NasDem ambil bagian dalam menyukseskan pemilu, pilpres, pileg dan pilkada pada 2024 mendatang.

"Sikap ini kembali ditegaskan untuk menunjukkan cita-cita dan tugas NasDem satu garis dengan kebijakan presiden, yakni untuk kemajuan dan masa depan demokrasi Indonesia yang lebih baik selain dari menjaga stabilitas politik di tengah situasi pandemi COVID-19," ujar Johnny pada awak media pada Kamis, 25 Februari 2021

Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Menang di 30 Provinsi

Lebih jauh Johnny menyebut Partai NasDem mendukung program legislasi di antaranya yaitu penciptaan lapangan kerja, penghapusan kekerasan seksual, transformasi digital dan perlindungan data pribadi, serta ketahanan pangan nasional. Hasil rakornassus salah satunya adalah pelaksanaan konvensi calon presiden (capres) Partai NasDem yang akan dimulai pada 2022 atau tahun depan.

“Konvensi capres ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom up approach sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan Partai NasDem sebagai ruang dan basis rekrutmen pemimpin nasional," ungkap Johnny.

Melalui konvensi capres, Partai NasDem sebagai partai yang dia sebut inklusif terbuka terkait pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat. NasDem akan membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai agar nantinya target pencalonan presiden sebesar 20 presiden terpenuhi.

"Partai NasDem menyiapkan dan menggunakan seluruh infrastruktur partai dalam menyukseskan jalannya pemerintahan kabinet indonesia maju dan pelaksanaan konvensi capres cawapres yang legitimate melalui proses rekrutmen yang transparan, fair, bottom up dan berkualitas," kata dia.

Peran dan struktur Partai NasDem ini di maksimalkan mulai dari tingkat pusat, tingkat provinsi, tingkat kabupaten, tingkat kecamatan hingga tingkat ranting desa.

"Ini agar bisa bekerja efektif sebagai partai gerakan yang mampu menghadirkan nilai-nilai perubahan di tengah-tengah masyarakat dan membangun soliditas partai melalui penegakan disiplin dan kohesivitas partai," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya