Pengurus DPC PDIP Dicecar KPK soal Duit Bansos dari Juliari

Menteri Sosial, Juliari P Batubara, meninggalkan ruang pemeriksaan di Gedung KPK.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara diduga mengalirkan uang suap yang diterimanya terkait pengadaan bansos COVID-19 kepada sejumlah politikus PDIP di daerah.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!

Dugaan tersebut menguat dengan langkah tim penyidik memeriksa sejumlah politikus PDIP di daerah. Salah satunya Ketua Komisi A DPRD Kendal, Munawir yang diperiksa penyidik sebagai saksi pada Kamis kemarin.

Munawir merupakan politikus PDIP dan sempat menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Kendal.

Hotman Paris: 90 Persen Gugatan Anies tentang Bansos, Yang Lainnya Hanya Ngoceh Sana-sini

Dalam pemeriksaan itu, tim penyidik mencecar Munawir mengenai aliran uang dari Juliari kepada sejumlah pihak di daerah.

"Didalami pengetahuannya terkait adanya dugaan aliran sejumlah uang yang diberikan oleh tersangka JPB (Juliari P. Batubara) ke beberapa pihak di daerah," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada awak media, Jumat, 26 Februari 2021.

Di Sidang Sengketa Pilpres, Anies Singgung Bansos Dipakai Memenangkan Salah Satu Paslon

Ali menambahkan, keterangan Munawir telah dituangkan dalam berita acara penyidik (BAP). Keterangan itu akan dibeberkan di persidangan nanti. "Dan akan kembali dikonfirmasi di depan persidangan yang terbuka untuk umum," imbuhnya.

Pada hari yang sama, tim penyidik sedianya memeriksa Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha. Namun, Ngesti meminta pemeriksaannya dijadwalkan ulang lantaran hari ini akan dilantik sebagai Bupati Semarang.

Sebelumnya, pada Jumat, 19 Februari 2021 lalu, tim penyidik juga telah memeriksa Ketua DPC PDIP Kendal, Akhmat Suyuti. Dalam pemeriksaan itu terungkap Akhmat Suyuti mengembalikan uang yang diterimanya dari Juliari.

"Akhmat Suyuti, Ketua DPC PDIP Kab. Kendal, didalami pengetahuannya terkait dengan adanya pengembalian sejumlah uang oleh saksi yang diduga diterima dari tersangka JPB melalui perantaraan pihak lain," kata Ali Fikri terkait pemeriksaan Akhmat Suyuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya